Penelitian dilaksanakan di SMPN 40 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kecerdasan Emosional Tenaga Pendidik Terhadap Efektivitas Mengajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada 29 Februari 2024. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan pendekatan melalui wawancara, Observasi, Dokumentasi, Kuesioner. Sampel yang menjadi object penelitian adalah perwakilan tenaga pendidik dan Waka Kesiswaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat kecerdasan emosi sangat berpengaruh dalam perkembangan kecerdasan peserta didik. Kondisi ini menunjukan bahwa setiap sekolah yang mampu menghasilkan lulusan baik, maka juga harus menyediakan tenaga pendidik yang baik pula. Terdapat kurangnya tenaga pendidik yang disebabkan oleh banyaknya jumlah siswa juga menjadi pengaruh. Upaya dalam membuat proses pembelajaran yang dapat memudahkan dan menyenangkan peserta didik dalam menyerap materi pada kelas adalah tujuan dari efektivitas pembelajaran.
Copyrights © 2024