Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin

Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Haratua, Chandra Sagul (Unknown)
Dessuko, Anggraini Dewi (Unknown)
Mawarda, Asria (Unknown)
Damayanthi, Dhika (Unknown)
Suryaningtyas, Hana (Unknown)
Tyas, Wulan Tisahyuning (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Salah satu pendekatan yang cukup berperan dalam dunia pendidikan belakangan ini adalah diterapkannya Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia, dimana kurikulum ini berfokus pada pemberdayaan siswa untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan. Tujuan pada penelitian ini menitik beratkan pada eksplorasi praktek penilaian sesuai dengan konteks Kurikulum Merdeka Belajar pada sebuah sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam mengumpulkan data melalui wawancara beberapa guru, kepala sekolah dan praktisi pendidikan lainnya serta studi literasi untuk memperkuat hasil pada penelitian ini. Dari Penelitian ini kita menemukan bahwa perlunya pendampingan yang lebih baik untuk para guru untuk dapat mengembangkan keterampilan dan pemahaman dalam melaksanakan asesmen pada kurikulum ini agar dapat dilaksanakan dengan baik. Semoga dengan adanya penelitian ini memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai asesmen pada Kurikulum Merdeka Belajar secara khusus, dan pendidikan Indonesia pada umumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...