Georeference: Jurnal Kajian Ilmu dan Pembelajaran Geografi
Vol 3, No 2 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Peta Konsep Berbasis Apliksi Canva Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMAN 3 Mandor

Apriani, Apriani (Unknown)
Adlika, Nur Meily (Unknown)
Buwono, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hasil belajar geografi siswa kelas X di SMAN 3 Mandor yang menggunkan peta konsep berbasis canva. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran geografi, yang diduga diakibatkan dari model pembelajaran yang kurang menarik dan tidak memberi memotivasi kepada siswa. Penelitian ini menerapkan metodologi kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian ini mencakup 2 kelas, yakni kelas eksperimen yang menerapkan model peta konsep berbasis Canva, sementara kelas kontrol memakai peta konsep yang tidak non digital. Data penelitian terkumpul melalui sejumlah teknik, yakni mencakup observasi, tes beserta dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siswa yang menerapkan model pembelajaran peta konsep berbasis Canva dibandingkan melalui model peta konsep non-digital. Dengan demikian, hasil belajar geografi siswa terbukti efektif ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran peta konsep berbasis Canva.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

georeference

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Georeference: Jurnal Kajian Ilmu dan Pembelajaran Geografi is an open access, and peer-reviewed journal. This journal publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature. The scope of this journal includes, but is not limited to: Education, Natural and Applied ...