JPT : Jurnal Pendidikan Tematik
Vol 3 No 3 (2022): Desember

PENGARUH MEDIA KOTAK-KOTAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 4 KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMU KABUPATEN LAHAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Adisel (Unknown)
Latipah, Nurlia (Unknown)
Ricardo, Hendo (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Kotak-kotak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 4 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 4 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat dengan jumlah 159 orang. Sampel yang diambil adalah siswa kelas II SDN 4 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu berjumlah 29 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh pengguna media kotak-kotak dan tanpa penggunaan media kotak-kotak. Dengan dibuktikan dari hasil nilai uji “t” adalah sebesar 3,09 dengan n = 29 sedangkan nilai ttabel untuk n = 29 dengan taraf signitifikan α = 0,05 sebesar 2,045. dengan demikian thitung>ttabel(3,09 > 2,045) yang berarti hipotesis (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh media kotak-kotak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 4 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Religion Chemistry Education Mathematics Other

Description

Focus and Scope JPT primary focus is on current themes within the scope of elementary education. The scope of the manuscripts includes research results, reflections, and critical reviews on: Education policies and regulation Curriculum Learning innovations, including: Study of teaching materials ...