JPT : Jurnal Pendidikan Tematik
Vol 3 No 1 (2022): April

Bentuk-Bentuk Hadiah (Reward) Dan Penerapannya Dalam Kegiatan Belajar Siswa Di SD Negeri 1 Kota Bengkulu

Khofifa, Ii Nurul Tri (Unknown)
Adisel, Adisel (Unknown)
Latipah, Nurlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, 1) bentuk-bentuk hadiah (reward) dalam kegiatan belajar siswa, 2) penerapan hadiah (reward) yang diberikan guru dalam kegiatan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah, wali kelas I, II, dan III serta siswa kelas I, II, dan III. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunkan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk re- ward diberikan dengan berbagai macam bentuk meliputi : (a) pujian (dengan memberikan kata-kata yang positif, oke, baik, kamu pintar sekali, masyaallah, good). (b) tanda penghormatan (guru sering memanggil siswa maju kedepan kelas). (c) hadiah (pemberian alat tulis, pensil , snack, segala yang diperlukan siswa). (d) tanda penghar- gaan (berupa bintang, symbol wajah senyum, piala, uang pembinaan). 2) Penerapan bentuk-bentuk reward tam- pak dilaksanakan didalam kelas sebelum masuk proses pembelajaran dan setelah selesai pembelajaran, baik secara individu maupaun kelompok. Dengan cara ketika siswa bisa menjawab soal dengan cepat dan bertanya, guru langsung memberikan reward kepada siswa, pada saat berdiskusi kelompok bagi yang kompak guru akan memberikan rewad berupa pujian atau hadiah alat tulis, dan juga reward diberikan bagi siswa yang terbaik dise- tiap kelasnya yang berupa penghargaan, piala, dan uang pembinaan disaat pembagian raport. Maka dapat dis- arankan bahwa, guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan reward agar siswa merasa lebih termoti- vasi dan tidak terbebani. Siswa hendaknya agar senantiasa aktif dalam mengikuti pembelajaran disekolah. Serta berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan lainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Religion Chemistry Education Mathematics Other

Description

Focus and Scope JPT primary focus is on current themes within the scope of elementary education. The scope of the manuscripts includes research results, reflections, and critical reviews on: Education policies and regulation Curriculum Learning innovations, including: Study of teaching materials ...