JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Metode Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Puzzle untuk Menstimulus Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA Pokok Bahasan Termodinamika

Adji Chencana Suryadinata (Unknown)
Rachmat Rizaldi (Unknown)
Sheila Fitriana (Unknown)
Nana Mardiana (Unknown)
Syahwin, Syahwin (Unknown)
Tri Astuti Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar di kelas sangat bergantung pada metode, media, dan materi pembelajaran yang dipilih oleh guru. Pemilihan metode dan media pembelajaran yang tidak tepat, dapat menghambat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Mata pelajaran termodinamika merupakan salahs atu pelajaranyang sulit untuk dipahami bagi siswa kelas XI MIA di MAS Proyek UNIVA Medan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran ekspositori berbantuan puzzle untuk menstimulus pemahaman konsep fisika siswa kelas XI pokok bahasan termodinamika. Metode di dalam penelitian ini merupakan quasi experiment dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan bagian dari nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang dipilih untuk penelitian ini merupakan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Proyek UNIVA Medan pada bulan November 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, dan tes objektif. Wawancara yang dilakukan kepada guru bidang studi digunakan untuk menentukan masalah yang dihadapi oleh kelas tersebut, sedangkan kuisioner digunakan untuk menemukan metode dan media yang cocok digunakan dalam mengatasi masalah tersebut. Tes objektif digunakan kepada siswa di kedua kelas untuk melihat perbedaan kenaikan nilai yang dialami oleh kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh metode pembelajaran ekspositori berbantuan puzzle untuk menstimulus pemahaman konsep siswa dengan uji paired sample t test pada α = 0,05 diperoleh nilai sig. sebesar 0.00 dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 26. Rata – rata nilai N – gain pada kelas kontrol adalah 0,29 tergolong kategori rendah, sedangkan rata – rata nilai N – gain kelas eksperimen adalah 0,63 tergolong kategori sedang. Terdapat perbedaan kenaikan nilai aspek aspek pemahaman konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rincian translasi sebesar 28,34%, interpretasi sebesar 19,05%, dan ekstrapolasi sebesar 20,41%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...