Jurnal Kedaymas
Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025

Mempersiapkan Generasi Emas: Pengembangan Softskill Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo di Era Industri 5.0

Sekarsari, Larasati Ayu (Unknown)
Prawitowati, Tjahjani (Unknown)
Setiawan, Nurcholis (Unknown)
Maschudah Ilfitriah, Aniek (Unknown)
Yulianti, Emma (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Era Revolusi Industri 5.0 menuntut generasi muda untuk tidak hanya menguasai keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan non-teknis atau softskill seperti kemampuan komunikasi, berpikir kritis, kerja sama tim, dan personal branding. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan siswa dalam mengembangkan softskill melalui pelatihan interaktif dan aplikatif. Sasaran kegiatan adalah siswa kelas XII.4 dan XII.9 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dengan total peserta 60 orang. Metode pelaksanaan mencakup empat tahapan: persiapan, pelatihan, pendampingan,dan evaluasi,. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan pendekatan experiential learning yang melibatkan ceramah interaktif, simulasi, diskusi, dan praktik penyusunan deskripsi diri bertema “Who am I?”. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa berdasarkan perbandingan nilai pretest dan posttest. Peningkatan tertinggi terlihat pada materi digital marketing dan personal branding. Kegiatan ini tidak hanya berhasil meningkatkan aspek kognitif siswa, tetapi juga memperkuat keterampilan refleksi diri, komunikasi, dan rasa percaya diri. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia kerja dan pendidikan tinggi di masa depan. Program pengabdian ini diharapkan dapat direplikasi di sekolah lain sebagai bentuk sinergi antara perguruan tinggi dan pendidikan menengah dalam mencetak generasi emas Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kedaymas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal KeDayMas: Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat adalah jurnal peer-review dan terbuka yang menampung pengabdi dari kalangan pratisi, dosen maupun mahasiswa dengan karya inovatif dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan. KeDayMas adalah platform unik hasil kegiatan pengabdian masyarakat dan ...