Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 7 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Juli

PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN SD: TELAAH KUALITATIF DAN LITERATUR TERPILIH

Ardi Sutiono (Unknown)
Nurul Chasanah (Unknown)
Novi Justica Rofiyati (Unknown)
Warman (Unknown)
Masrur Yahya (Unknown)
Hamini (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Kebutuhan akan supervisi pendidikan yang efektif semakin mendesak seiring dengan meningkatnya kompleksitas pembelajaran abad ke-21 yang berbasis teknologi. Supervisi kini dipahami sebagai proses pengembangan profesional, bukan hanya sebagai fungsi administratif. Artikel ini mengkaji peran strategis supervisi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar, khususnya dalam konteks digitalisasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur melalui analisis sistematis terhadap jurnal dan laporan ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi transformatif-yang mengedepankan refleksi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi-dapat memperkuat kompetensi pedagogik guru, mendorong inovasi pembelajaran, dan membangun iklim pembelajaran yang adaptif. Namun, keterbatasan fasilitas digital dan rendahnya kompetensi teknologi menjadi tantangan utama. Oleh karena itu, perlu dikembangkan model supervisi digital dan pelatihan berkelanjutan bagi pengawas dan kepala sekolah untuk mendukung optimalisasi kualitas pendidikan dasar di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...