Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1: APRIL (2025)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI PROGRAM READING CAMP DI SDK NUABOSI

Owa, Yosefa Kafasin (Unknown)
Kaka, Pelipus Wungo (Unknown)
Sayangan, Yohanes Vianey (Unknown)
Wau, Maria Patrisia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV SDK Nuabosi melalui Program Reading Camp. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tujuan dari metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu untuk meningkatkan dan memperbaiki mutu proses belajar mengajar di kelas serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek data dalam penelitian ini adalah kelas IV SDK Nuabosi sebanyak 17 orang, yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa dengan menerapkan Program Reading Camp pada siklus I hanya memperoleh nilai rata-rata 68,71 dan dalam pelaksanaan siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 83,76, berarti mengalami peningkatan yaitu kurang lebih 15,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan Program Reading Camp dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV SDK Nuabosi.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...