Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 3 No 3 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Pengaruh Pendekatan STEAM Berbasis Proyek Mini Rubber Car Tehadap Hasil Belajar Siswa Materi Gaya Pegas

Sari, Wila Aliesta (Unknown)
Habibatuzzahro, Laila (Unknown)
Lisvana, Yusmanindya Nanda Putri (Unknown)
Gunansyah, Ganes (Unknown)
Setiawan, Ricky (Unknown)
Fakhrudin, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proyek “Mini Rubber Car” terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2024 dengan populasi kelas 4B di SDN Lidah Wetan 4 dan melibatkan 16 siswa sebagai sampel. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experiment, tepatnya One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek “Mini Rubber Car” memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan uji-t (t test) yang menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proyek Mini Rubber Car memberikan dampak signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...