Al-Abyadh
Vol 8 No 1 (2025): Edisi Juni

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI

Nur Hilda Zakiyyatun Shalihah (Unknown)
Heri Hidayat (Unknown)
Arif Nursihah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Tujuan dialakukannya penelitian ini untuk melihat seberapa kuat hubungan penggunaan media audio visual dengan perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini di kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandun. Metode yang digunakan adalah metode korelasional yang bertujuan untuk menemukan apakah terdapat hubungan antara dua variabel atau lebih, serta seberapa besar korelasi yang ada di antara variabel yang diteliti (Baharuddin:2018). Hasil yang didapat dari hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual (variabel X) dengan perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini (variabel Y) di kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung memperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,88 termasuk kedalam kategori sangat kuat/sangat tinggi. Adapun kadar pengaruh atau koefisien determinasi sebesar 53% terhadap perkembangan kognitif berpikir simbolik anak. Artinya terdapat 47% faktor lain yang mempengaruhi perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini di kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Al-Abyadh

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Al Abyadh adalah jurnal pendidikan islam anak usia dini yang terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal ini merupakan sarana publikasi artikel berupa hasil penelitian, pengabdian dan literature review dalam bidang anak usia dini baik mengenai perkembangan anak, kurikulum, manajemen, media, pengelolaan ...