Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Tarutung”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode One Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah seluruh siswa TK Negeri Pembina Tarutung yang berusia 5-6 tahun berjumlah 78 orang dan ditetapkan sampel kelas B2 sebanyak 30 orang menggunkan Teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan lembar penilaian anak sebanyak 20 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Tarutung, dibuktikan dengan: 1) nilai rata-rata pada post-test yaitu sebesar 73.60 > nilai rata-rata pada pre-test adalah sebesar 64.63 dan nilai tersebut menunjukkan bahwa selisih rata-rata pada pre-test dan post-test adalah sebesar 8.967 hal tersebut menunjukkan bahwa secara deskriptif terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata pada pre-test dan post-test. 2) uji signifikan diperoleh nilai thitung > ttabel (α=0,05; dk=n-1=29) yaitu sebesar 7.851 > 2,045 dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha yaitu terdapat pengaruh penerapan Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Tarutung diterima.
Copyrights © 2025