Fleksibel: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2025): Edisi April 2025

Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Laboratorium Melalui Pengembangan Metode Pembelajaran Yang Inovatif

Soehardi, Fitridawati (Unknown)
Rahmat, Hendri (Unknown)
Idris, Marlaily (Unknown)
Dwi Putri, Lusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2025

Abstract

Laboratorium merupakan elemen krusial dalam mendukung pembelajaran berbasis praktik, khususnya pada bidang sains, teknologi, dan kesehatan. Namun, implementasi laboratorium sering kali masih menghadapi berbagai kendala seperti metode pembelajaran yang monoton, kurangnya inovasi, serta keterbatasan keterlibatan mahasiswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan laboratorium melalui pengembangan metode pembelajaran inovatif berbasis project-based learning, problem-based learning, dan integrasi teknologi digital. Metode pelaksanaan mencakup perencanaan, pelatihan, implementasi metode inovatif di laboratorium, evaluasi pre-test dan post-test, serta tindak lanjut keberlanjutan. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konseptual dan keterampilan praktis mahasiswa, tercermin dari peningkatan rata-rata skor dari 62,5% menjadi 81,3%. Kegiatan ini membuktikan bahwa inovasi metode pembelajaran mampu meningkatkan efektivitas dan kualitas pelaksanaan laboratorium. Tindak lanjut berupa integrasi metode dalam kurikulum dan monitoring berkelanjutan telah dirancang untuk mendukung keberlanjutan program ini di masa depan.

Copyrights © 2025