NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 8 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENDIDIKAN ISLAM DAN KURIKULUM CINTA

Koto, Muthya Khairunnisa (Unknown)
Hasibuan, Eva Khairani (Unknown)
Sandi, Rizki Rey (Unknown)
Banjir Siregar, Ahmad Syafrizal (Unknown)
Darlis, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Degradasi moral dan hilangnya nilai-nilai kasih sayang di kalangan peserta didik menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan Islam kontemporer. Pendidikan yang selama ini cenderung menekankan aspek kognitif belum sepenuhnya berhasil membentuk karakter peserta didik secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep, karakteristik, serta implementasi Kurikulum Cinta dalam pendidikan Islam sebagai alternatif pembelajaran berbasis nilai-nilai kemanusiaan dan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka (library research), yang dilakukan melalui telaah literatur dari buku, jurnal ilmiah, dan dokumen relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Cinta menekankan integrasi nilai kasih sayang, empati, toleransi, dan cinta kepada Allah, sesama manusia, ilmu pengetahuan, serta lingkungan dalam proses pendidikan. Kurikulum ini tidak hanya membentuk kecerdasan intelektual, tetapi juga memperkuat karakter spiritual dan sosial peserta didik. Kurikulum Cinta dapat menjadi strategi alternatif yang efektif dalam mewujudkan pendidikan Islam yang lebih humanis, kontekstual, dan berorientasi pada pembentukan insan kamil.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...