NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 11, No 9 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

INTEGRASI PENDIDIKAN SENI DAN INDUSTRI MEDIA IMERSIF MELALUI KELAS SIMULASI VISUAL UNTUK MATCHMAKING KURIKULUM INDUSTRI

Iriaji, Iriaji (Unknown)
Patmi Rahayu, Wening (Unknown)
Rahman Prasetyo, Abdul (Unknown)
Putri Surya, Eka (Unknown)
Atma Wijaya, Ginanjar (Unknown)
Firzon Ainur Roziqin, Mohamad (Unknown)
Marcelliantika, Adinda (Unknown)
Aruna, Alby (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Integrasi pendidikan seni dengan industri media imersif melalui perancangan dan implementasi kelas simulasi visual merupakan fokus utama penelitian ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesesuaian kurikulum pendidikan seni dengan kebutuhan industri. Pendekatan metodologi yang diambil mencakup analisis kebutuhan industri, perancangan modul pembelajaran, serta implementasi dan evaluasi kelas simulasi visual. Dari kegiatan ini, terlihat adanya peningkatan keterampilan praktis mahasiswa dalam penggunaan teknologi imersif serta pemahaman mereka mengenai aplikasi praktis seni dalam konteks industri. Evaluasi melalui survei dan wawancara mendalam dengan mahasiswa dan pelaku industri mengindikasikan bahwa kelas simulasi ini efektif dalam menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik, serta meningkatkan kesiapan kerja lulusan. Hasilnya memberikan kontribusi signifikan dalam memodernisasi kurikulum pendidikan seni dan memastikan relevansinya dengan perkembangan industri media imersif. Dengan demikian, upaya ini tidak hanya memperkuat keterampilan teknis mahasiswa tetapi juga menyiapkan mereka untuk beradaptasi dengan tuntutan industri yang terus berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...