NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 10 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

PERAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DALAM MENUMBUHKAN TOLERANSI SOSIAL ANTAR SISWA SMA 46 DAAR EL GUSTI TANGERANG

Maulana, Ilham (Unknown)
Abdul Kudus, Wahid (Unknown)
Kuntari, Septi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pembelajaran Sosiologi dalam menumbuhkan toleransi sosial di kalangan siswa SMA 46 Daar El Gusti Tangerang. Latar belakang masalah dilandasi oleh pentingnya toleransi dalam kehidupan bermasyarakat yang multikultural dan peran pendidikan formal, khususnya mata pelajaran Sosiologi, sebagai sarana untuk membentuk karakter siswa yang toleran dan menghargai keberagaman. Dengan memahami bagaimana Sosiologi berperan dalam proses ini, diharapkan dapat ditemukan strategi pembelajaran yang efektif untuk memperkuat nilai toleransi di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan guru Sosiologi dan beberapa siswa, observasi partisipatif di lingkungan sekolah, serta analisis dokumen pembelajaran. Validitas data melalui triangulasi sumber, metode, dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran Sosiologi memiliki peran signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan praktik toleransi sosial di kalangan siswa. Melalui relevansi materi, diskusi kelompok, dan studi kasus, siswa mampu memahami sosiologi berkaitan dengan keberagaman dan konflik, yang pada akhirnya memotivasi mereka untuk lebih menghargai perbedaan. Temuan ini menegaskan bahwa Sosiologi tidak hanya menjadi mata pelajaran teoritis, tetapi juga alat praktis untuk membentuk karakter siswa yang inklusif dan responsif terhadap tantangan sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...