Permasalahan yang sering muncul dalam kehidupan sosial masyarakat seringkali berkaitan dengan perilaku kurang pantas yang ditunjukkan oleh anak-anak, baik dalam tindakan maupun perkataan mereka. Salah satu penyebabnya adalah kurang terkontrolnya pergaulan yang mereka alami. Namun, Taman Pendidikan Al-Qur'an muncul sebagai jawaban untuk mendukung anak-anak dalam mengelola interaksi sosial mereka dengan menerapkan norma-norma perilaku positif dan mengedukasi tentang nilai-nilai etika yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana karakter anak dibentuk melalui Taman Pendidikan Al-Qur'an. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dilakukan di sebuah Taman Pendidikan Al-Qur'an. Para pendidik, baik ustad maupun ustadzah, melakukan berbagai upaya dalam membentuk akhlak dan meningkatkan pendidikan santri. Melalui proses ini, karakter anak-anak terbentuk secara bertahap, dengan memperkuat hubungan mereka dengan agama, budaya, dan masyarakat. Dengan demikian, Taman Pendidikan Al-Qur'an tidak hanya menjadi tempat pendidikan formal, tetapi juga pusat pembentukan karakter yang kuat dan beretika bagi generasi mendatang.
Copyrights © 2024