Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan game edukasi quizizz sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di MAS Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penggunaan game edukasi quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAS Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya, memperoleh hasil rata-rata hitung ( ????̅) yaitu 59,52 yang berada pada klasifikasi baik (interval 58,14- 63,52). Motivasi belajar di MAS Serba Bakti yang berada pada klasifikasi cukup (interval 55,08-60,12). Adapun pengaruh penggunaan game edukasi quizizz sebagai media pembelajaran cukup berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di MAS Serba Bakti Suryalaya sebesar 25,5% sisanya 74,5% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini juga dibuktikan dengan pengujian hipotesis dengan uji t, dan menghasilkan nilai thitung > ttabel = 5,641 > 1,661. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa game edukasi quizizz sebagai media pembelajaran (X) berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (Y).
Copyrights © 2023