Interdisciplinary Explorations in Research Journal (IERJ)
Vol. 2 No. 3 (2024)

Menggali Potensi dan Hak Asasi dalam Kehidupan Hakikat Manusia dan Hubungannya dengan Pendidikan

Mahmudah (Unknown)
Luqman Baehaqi (Unknown)
Jumrodah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Manusia adalah makhluk unik dengan kemampuan berpikir, merasakan, dan berinteraksi secara sosial yang membedakannya dari makhluk lain. Pendidikan merupakan sarana utama untuk mengembangkan potensi intelektual, emosional, dan sosial manusia, yang memungkinkan individu mencapai aktualisasi diri. Pendidikan diakui sebagai hak fundamental yang harus diakses oleh semua orang tanpa diskriminasi, seperti yang tercantum dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. pendidikan dalam membentuk karakter dan moral manusia, serta mendukung terciptanya masyarakat yang adil dan inklusif. Pendidikan yang dinamis harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman untuk memenuhi kebutuhan manusia modern. Implikasi dari hubungan ini termasuk penguatan hak asasi manusia, pengurangan ketimpangan sosial, pembentukan karakter bangsa, dan kontribusi pada kemajuan teknologi dan inovasi. Kesimpulannya, pendidikan yang berkualitas bukan hanya mencerdaskan individu, tetapi juga memperkuat tatanan sosial dan kemanusiaan, menjadikannya elemen penting dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IERJ

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The Interdisciplinary Explorations in Research Journal (IERJ) is a peer-reviewed academic journal that provides an international platform for scholars and researchers to share innovative and cross-disciplinary studies. IERJ publishes original research articles, reviews, and scholarly papers that ...