Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 3, No 3 (2025): September 2025

Analisis Persepsi Peserta Didik terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 3 Sungai Raya

Amanda, Yoga (Unknown)
Okianna, Okianna (Unknown)
Karolina, Venny (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh melalui angket yang dibagikan kepada peserta didik kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap model pembelajaran TGT berada pada kategori sangat baik. Peserta didik merespons positif penerapan TGT dengan lebih antusias, termotivasi, dan aktif dalam pembelajaran. Model TGT juga terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kompetitif secara sehat, serta meningkatkan interaksi sosial di antara peserta didik. Selain itu, TGT memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan keterampilan kerja sama dalam kelompok. Dengan demikian, TGT dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dayanasional

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Daya Nasional: Educational Journal of Social Sciences and Humanities is a journal published by the Department of Social Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tanjungpura University in 2023. Daya Nasional contains research results in Education, Science, social, and ...