Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BLOOKET DENGAN INTEGRASI NILAI KEISLAMANUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Rilasanti, Hilda Adelia (Unknown)
Yudi, Usman (Unknown)
Wida Yanti, Aning (Unknown)
Sa'diyah, Ni'matus (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media Blooket, dengan penyertaan nilai-nilai Islami, guna meningkatkan capaian belajar matematika siswa di MTsN 1 Lamongan. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif, serta dikategorikan sebagai penelitian eksperimen semu (quasi experimental) melalui desain One-Shot Case Study pada satu kelas yang menerima intervensi pembelajaran PBL dan evaluasi akhir menggunakan aplikasi Blooket. Nilai-nilai Islami diintegrasikan melalui aktivitas berdoa, tadarus, serta pembiasaan perilaku disiplin sepanjang proses belajar. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa penerapan PBL dengan bantuan Blooket serta nilai Islami mampu menumbuhkan motivasi, gairah belajar, dan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, sekaligus memberikan dampak positif pada pembentukan karakter keagamaan siswa. Meskipun demikian, variasi capaian belajar siswa menunjukkan kebutuhan akan bimbingan tambahan dan penguatan metode pembelajaran supaya kombinasi teknologi dan nilai Islami dapat menghasilkan efek yang lebih maksimal. Temuan ini menegaskan bahwa media Blooket dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, sedangkan PBL membangun dasar berpikir kritis dan pemahaman konsep. Secara keseluruhan, penerapan PBL berbantuan Blooket yang terintegrasi nilai Islami efektif meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan potensi prestasi belajar siswa, sekaligus menanamkan kedisiplinan dan karakter religius.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...