Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program bimbingan dan konseling dalam menangani tantangan sosial yang dihadapi oleh siswa di SD Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa SD N 3 Kediri yang telah menerima layanan konseling sejumlah 45 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan dan konseling berhasil membantu siswa dalam mengatasi tantangan sosial mereka. Program ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan kekhawatiran mereka, mengembangkan keterampilan sosial, dan menerima dukungan emosional yang diperlukan. Selain itu, keterlibatan aktif kepala sekolah, dukungan dari orang tua, dan kolaborasi dengan pihak terkait merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan program ini. Sebagai kesimpulan, program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan dengan baik dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dan mendukung kesejahteraan emosional mereka.
Copyrights © 2025