Studi ini menyelidiki peran Komisaris Tingkat (Komting) dalam manajemen dan pengawasan Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan Kelas A Angkatan 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif Kualitatif, yang berarti pengumpulan data pada latar ilmiah untuk menafsirkan fenomena yang terjadi. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai suatu fenomena yang diteliti, dengan fokus pada pemahaman terhadap makna yang dikonstruksi oleh individu atau kelompok dalam konteks sosial yang mereka alami. Komting tidak hanya berfungsi sebagai penyampai informasi kepada siswa tetapi juga memainkan peran penting dalam mengatur jadwal, mendorong siswa untuk berpartisipasi, dan menyelesaikan perselisihan di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan wawancara dengan komting dan siswa di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komting Kelas A 2024 memiliki peran strategis dalam menjaga komunikasi, menciptakan lingkungan belajar yang baik, dan mendorong persaudaraan siswa. Perbedaan pendapat, kurangnya partisipasi sebagian anggota, dan kesulitan untuk berkolaborasi dalam tugas kelompok adalah beberapa masalah yang dihadapi. Namun, komting dapat mengurangi perselisihan dan menjaga kekompakan kelas dengan gaya kepemimpinan yang partisipatif dan komunikatif.
Copyrights © 2025