PESHUM
Vol. 5 No. 1: Desember 2025

Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kecepatan Dan Volume Lalulintas Pada Jalan Terbagi (4/2 D) (Studi Kasus Ruas Jalan Gajah Mada Kota Mataram)

Hasyim, Hasyim (Unknown)
Rohani, Rohani (Unknown)
I Wayan Suteja (Unknown)
Santri Islamiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

Ruas Jalan Gajah Mada merupakan jalan kolektor Primer dengan tipe jalan empat lajur dua arah terbagi (4/2D), empat lajur dua arah tak terbagi (4/2UD) dan dua lajur dua arah tak terbagi (2/2UD) sepanjang 3.55 km. Sepanjang jalan Gajah Mada ini berdiri beberapa bangunan Pertokoan, Pasar, SPBU, Perumahan, Universitas Islam Negri Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, rumah makan dan banyaknya pedagang kaki lima. Sehingga menyebabkan aktivitas hambatan samping yang sangat tinggi seperti, kendaraan parkir sembarangan di bahu jalan, penyempitan ruas jalan, pejalan kaki yang menyeberang, kendaraan yang bergerak lambat, kendaraan yang keluar masuk dari sisi jalan, yang memicu pengendara mengurangi kecepatan dan bahkan berhenti, sehingga seringkali menyebabkan terjadinya kemacetan pada jam-jam tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai hambatan samping, kecepatan dan volume lalu intas serta mengetahui seberapa besar pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan dan volume lalu lintas dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Hasil analisis menunjukan bahwa hambatan samping tertinggi mencapai 1271,2 kejadian/jam, dengan kecepatan terendah 23,96 km/jam dan voume lalu lintas tertinggi 1495,2 smp/jam. Hasil analisis regresi pada segmen C dan D hambatan samping berpengaruh sangat kuat terhadap kecepatan dan volume lalu lintas, hal ini ditandai dengan nilai koefiesen korelasi sebagian besar berada di atas 0,9 (R > 0,9).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...