Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Hubungan Picky Eater Dan Pengetahuan Gizi Terhadap Status Gizi Remaja Di SMP Al-Ihsan Mulia Medan

Nababan , Agnes Sry Vera (Unknown)
Daeli, Samaria (Unknown)
Jairani , Eka Nenni (Unknown)
Yulita , Yulita (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2025

Abstract

Pendahuluan: Status gizi merupakan indikator penting dalam menilai kesehatan, terutama pada masa remaja yang ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan pesat. Faktor yang dapat memengaruhi status gizi remaja antara lain perilaku picky eater dan tingkat pengetahuan gizi. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara perilaku picky eater dan pengetahuan gizi dengan status gizi remaja di SMP Al-Ihsan Mulia. Metode: menggunakan desain cross-sectional dengan pendekatan deskriptif analitik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antarvariabel. Hasil: penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara perilaku picky eater dengan status gizi remaja (p = 0,031) serta hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan gizi dengan status gizi remaja (p = 0,028). Hal ini membuktikan bahwa kedua faktor tersebut berpengaruh terhadap status gizi remaja. Kesimpulan: perilaku picky eater dan pengetahuan gizi memiliki hubungan yang bermakna dengan status gizi remaja. Oleh karena itu, upaya peningkatan pengetahuan gizi melalui edukasi, penyuluhan, serta pembiasaan pola makan beragam dan seimbang sangat diperlukan agar remaja mampu menjaga status gizinya dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...