Upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah menuntut guru untuk menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif agar kegiatan belajar lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran inovatif sebagai cara mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, serta menyenangkan di MI Raudhatul Firdaus Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan belajar, wawancara dengan kepala madrasah dan guru, serta analisis dokumen seperti RPP dan hasil proyek siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran, di antaranya PAIKEM, Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Cooperative Learning, serta Game-Based Learning melalui media digital seperti Quizizz dan Kahoot. Penerapan strategi-strategi tersebut terbukti meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran juga menjadi lebih kontekstual dan bernuansa Islami karena nilai-nilai karakter diintegrasikan dalam setiap kegiatan belajar. Secara keseluruhan, penerapan strategi pembelajaran inovatif yang dirancang secara kolaboratif dan berlandaskan nilai-nilai Islam mampu menciptakan suasana belajar yang lebih bermakna, aktif, dan menyenangkan di MI Raudhatul Firdaus Batam.
Copyrights © 2025