Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap regulasi emosi siswa di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Regulasi emosi merupakan kemampuan individu dalam mengelola dan mengekspresikan emosi secara adaptif. Pola asuh otoriter yang bercirikan kontrol yang tinggi dan kehangatan emosi yang minim diduga berpengaruh negatif terhadap kemampuan regulasi emosi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi sederhana. Sampel penelitian adalah 62 siswa kelas XII yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoriter terhadap regulasi emosi siswa dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05 dan t hitung 2,135 > t tabel 1,296. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pola asuh otoriter berpengaruh terhadap regulasi emosi sebesar 7,1%, sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh otoriter berpengaruh terhadap regulasi emosi.
Copyrights © 2025