Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari permainan tradisional egrang bambu terhadap kemampuan keseimbangan motorik siswa kelas V SDN 068474 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif (Eksperimen) yaitu desain One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di SDN 068474 Medan yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keseimbangan motorik adalah tes berdiri dengan satu kaki menggunakan gaya kapal terbang yang dinilai berdasarkan durasi waktu dalam satuan detik. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk statistik inferensial dilakukan uji normalitas dengan uji paired sample t-test untuk menguji normalitas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Hasil pretest menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori sedang hingga kurang dalam hal kemampuan keseimbangan motorik. Setelah diberikan perlakuan berupa permainan tradisional egrang bambu selama empat kali pertemuan, terjadi peningkatan nilai posttest secara signifikan. Nilai rata-rata meningkat dari 22,58 pada saat pretest menjadi 31,96 pada saat posttest. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan tradisional egrang bambu terhadap peningkatan kemampuan keseimbangan motorik siswa. Dengan demikian, permainan tradisional egrang bambu dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan motorik khususnya keseimbangan pada anak sekolah dasar
Copyrights © 2025