Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Juni-Desember 2025

Pemetaan Kerentanan Banjir Menggunakan Buffer Sungai dan Data Inarisk di Kabupaten Langkat

Damanik, Muhammad Ridha Syafii (Unknown)
Kardiana, Elsa (Unknown)
Lumbantungkup, Rosa D. (Unknown)
Rahmadayanti, Rahmadayanti (Unknown)
Kharunnisa, Kharunnisa (Unknown)
Harefa, Sri Aswinda (Unknown)
Sinaga, Risdo Hotray (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Banjir merupakan bencana hidrometeorologi yang paling sering terjadi di Indonesia dan menimbulkan kerugian signifikan, baik secara sosial maupun ekonomi. Kabupaten Langkat termasuk wilayah dengan kerentanan banjir tinggi karena banyaknya aliran sungai besar seperti Wampu, Besitang, Secanggang, dan Batang Serangan. Penelitian ini bertujuan memetakan tingkat kerentanan banjir berdasarkan analisis buffer sungai dan integrasi data kerentanan banjir InaRISK dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG). Data yang digunakan meliputi jaringan sungai, batas administrasi, dan peta kerentanan banjir InaRISK. Analisis dilakukan melalui pembuatan buffer sungai pada radius 0–500 meter, pemberian skor kerentanan, dan overlay dengan peta kerentanan InaRISK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wilayah timur Kabupaten Langkat seperti Tanjung Pura, Gebang, Secanggang, dan Besitang termasuk kategori kerentanan tinggi karena dekat dengan sungai besar dan berada pada dataran rendah. Sementara wilayah barat seperti Bahorok, Salapian, dan Kutambaru memiliki kerentanan rendah. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pemerintah daerah dalam perencanaan mitigasi bencana dan penataan ruang berbasis risiko banjir.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...