Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Juni-Desember 2025

Analisis Proses Pengolahan dan Karakteristik Sweety Dessert Box Ditinjau dari Bahan, Bentuk, dan Teknik Penyajian

Harefa, Meilinda Suriani (Unknown)
Hidayat, Syukri (Unknown)
Hutauruk, Mutiara Cristeofani (Unknown)
Asmara, Widya (Unknown)
Khairunnisa, Khairunnisa (Unknown)
Purba, Tondang Raja Pangihutan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembuatan serta ciri khas dessert box dari segi bahan, bentuk, dan cara penyajian. Dessert box adalah makanan manis modern yang semakin digemari karena memadukan rasa, tekstur, dan tampilan yang menarik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengamati langsung seluruh proses pembuatan Sweety Dessert Box, mulai dari pemilihan bahan, teknik mencampur, pembuatan fla, penataan lapisan, hingga proses pendinginan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan yang digunakan seperti susu cair full cream, gula pasir, susu kental manis, keju, tepung maizena, serta Oreo dan biskuit sangat berpengaruh terhadap rasa creamy, aroma khas, dan tekstur fla yang lembut. Bentuk akhir produk menunjukkan struktur berlapis yang rapi dan kokoh, sementara teknik penyajian melalui pendinginan dan kemasan kedap udara membantu mempertahankan tampilan menarik serta kualitas rasa yang optimal. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa proses pembuatan yang tepat dan pemilihan bahan berkualitas sangat memengaruhi kualitas dessert box, sehingga produk ini memiliki potensi dikembangkan sebagai usaha kuliner rumahan maupun UMKM.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...