PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025

PELATIHAN JURNALISTIK BAGI MAHASISWA PBSI UNM SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI MEDIA DAN KOMPETENSI PENULISAN BERITA

Ikbal, Muh (Unknown)
Risaldi, Dedi (Unknown)
Indrawan, Deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi jurnalistik mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Makassar melalui pelatihan berbasis praktik. Pelatihan dirancang menggunakan model participatory training dan experiential learning, meliputi penyampaian konsep dasar jurnalistik, lokakarya penulisan berita, simulasi peliputan dan wawancara, serta pendampingan penyuntingan. Data diperoleh melalui pre-test, post-test, observasi, serta analisis terhadap hasil karya peserta. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman konseptual mahasiswa mengenai struktur berita, prinsip 5W+1H, penulisan lead, serta etika jurnalistik. Kemampuan praktik peserta juga berkembang, ditandai dengan meningkatnya kualitas naskah berita yang lebih runtut, akurat, dan sesuai kaidah jurnalistik. Selain itu, pelatihan ini memperkuat kesadaran etis peserta terhadap verifikasi informasi dan tanggung jawab moral dalam penyebaran informasi di era digital. Dengan demikian, pelatihan jurnalistik ini efektif dalam memperkuat kompetensi literasi media mahasiswa PBSI UNM sekaligus mendukung peran mereka sebagai calon pendidik dan agen literasi di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...