Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 9 No 2 (2025)

Pengembangan Booklet Pertumbuhan Balita Stunting di Kabupaten Bengkulu Selatan Sebagai Suplemen Bahan Ajar Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII

Utama, Resvina Widia (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Husein, Ahmad Saddam (Unknown)
Kasrina (Unknown)
Abas (Unknown)
Ansori, Irwandi (Unknown)
Putri, Rendi Zulni Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet pertumbuhan anak stunting di Puskesmas Kabupaten Bengkulu Selatan dengan menyusun booklet serta menguji kelayakan dan keterbacaan booklet yang disusun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall. Uji kelayakan booklet dilakukan oleh ketiga validator yaitu ahli materi, ahli media, dan praktisi. Uji keterbacaan booklet dilakukan oleh 17 peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 39 balita yang mengalami stunting di tiga puskesmas yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan. Data tiga puskesmas menunjukkan terdapat 22 balita laki-laki dan 17 balita perempuan yang mengalami stunting. Hasil uji kelayakan booklet pertumbuhan balita stunting dinyatakan sangat layak dengan persentase validator ahli materi 94,31%, validator ahli media 95,83% dan validator ahli praktisi 98,86%. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik memperoleh persentase sebesar 98,44% dengan kategori persentase aspek penyajian 100%, aspek materi 96,32%, dan aspek manfaat 99,01%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...