Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi supervisi akademik berbasis teknologi digital dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di era Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif-analitis. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur meliputi buku, jurnal nasional terakreditasi, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik penelitian periode 2020-2025. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis konten untuk mengidentifikasi pola, tema, dan temuan utama terkait implementasi supervisi akademik berbasis teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik berbasis teknologi digital memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru melalui beberapa aspek: (1) fleksibilitas waktu dan tempat dalam pelaksanaan supervisi; (2) peningkatan efektivitas monitoring dan evaluasi pembelajaran; (3) kemudahan dalam dokumentasi dan analisis data supervisi; dan (4) pengembangan budaya kolaboratif antar pendidik. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan kompetensi digital bagi supervisor, pengembangan platform supervisi yang user-friendly, serta dukungan infrastruktur teknologi yang memadai untuk optimalisasi pelaksanaan supervisi akademik berbasis teknologi digital.
Copyrights © 2025