Abdi Kimia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 1 (2025): Jurnal Edisi Desember

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KOMPETENSI GURU

Sanusi, Dirgah Kaso (Unknown)
Agustini, Sri (Unknown)
Nurhasmi (Unknown)
Arief Fitrah Istiyanto Aslim, Muhammad (Unknown)
Eka Kartika, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berangkat dari permasalahan keterbatasan sarana laboratorium fisika di sekolah menengah atas di Provinsi Sulawesi Selatan serta minimnya kemampuan guru dalam menggunakan media laboratorium berbasis virtual. Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru fisika dalam mengoptimalkan media laboratorium virtual sebagai alternatif kegiatan eksperimen di sekolah. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring melalui pelatihan dan pendampingan interaktif yang diikuti oleh 25 guru fisika dari berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. Materi yang diberikan mencakup pemahaman konsep dasar laboratorium virtual, latihan penggunaan berbagai media simulasi, serta penyusunan rancangan pembelajaran berbasis media digital yang dinilai oleh tim pelaksana. Berdasarkan hasil kegiatan, terjadi peningkatan nyata dalam pemahaman dan keterampilan guru terhadap penerapan laboratorium virtual dalam pembelajaran. Sebanyak 92% peserta menyatakan pelatihan ini memberikan manfaat besar dan sesuai dengan kebutuhan mereka di sekolah. Kegiatan ini berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan eksperimen berbasis teknologi serta memperluas akses pembelajaran interaktif bagi siswa di sekolah dengan sarana terbatas. Kegiatan ini menegaskan peran penting keterlibatan guru dalam pengembangan kompetensi digital untuk menciptakan pembelajaran fisika yang inovatif dan adaptif terhadap kemajuan teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdikimia

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural ...