Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan
Vol. 2 No. 3 (2025): Oktober - Desember

Peran Manajemen Kurikulum dalam Implementasi Deep Learning di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya

Najwa Akmalia Ramadhani (Unknown)
Faizah Reva Abidah (Unknown)
Amira Wahyu Utami (Unknown)
Shelma Devanatasha (Unknown)
Ima Widiyanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran manajemen kurikulum dalam mendukung penerapan deep learning di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen, penelitian ini menelaah bagaimana proses POAC dijalankan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum berperan strategis dalam memfasilitasi Project-Based Learning dan Problem-Based Learning melalui program Big Project. Guru berkolaborasi lintas mata pelajaran, siswa terlibat dalam pemecahan masalah nyata, dan teknologi diintegrasikan untuk memperkuat kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Iklim belajar yang positif serta kegiatan refleksi dan evaluasi turut meningkatkan efektivitas pembelajaran mendalam. Secara keseluruhan, manajemen kurikulum yang fleksibel dan dukungan teknologi berkontribusi signifikan terhadap pengembangan kompetensi abad ke-21 siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimp

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan ( E-ISSN : 3062-7788) adalah jurnal yang diterbitkan oleh CV. ITTC-INDONESIA. Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan ini memuat hasil penelitian yang berkualitas di bidang Manajemen Pendidikan baik pendidikan formal, informal dan Non- formal. Semua publikasi di jurnal ...