Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Penerapan Sequence Of Service Pada Saat Pelayanan Breakfast Di Semawis Restoran Padma Hotel Semarang

Setianingrum, Erlina (Unknown)
Solikhin, Agus (Unknown)
Asmara, Denny (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Sequence of Service merupakan tahapan pelayanan waiter/waitress kepada tamu mulai dari tamu datang hingga meninggalkan restoran. Sequence of Service menjadi pedoman penting untuk menciptakan pengalaman makan pagi bagi tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja Standar Operasional Prosedur (SOP) Sequence of Service breakfast, bagaimana pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) breakfast dan kendala yang dihadapi serta solusi yang dilakukan oleh waiter/waitress saat penerapan Sequence of Service breakfast di Semawis Restoran Padma Hotel Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) Sequence of Service breakfast di Semawis Restoran mulai dari greeting and escorting, sitting and offering, clear up, feedback dan farewell. Pelaksanaannya menunjukkan bahwa waiter/waitress sudah menjalankan tahapan tersebut, namun terdapat beberapa kendala seperti tamu yang masuk tanpa menyebut nomor kamar, kesalahan pencatatan guest list, serta keterlambatan penggantian asbak saat restoran penuh. Solusi yang dilakukan dengan meningkatkan ketelitian waiter/waitress, memberi pelatihan tentang komunikasi efektif dengan tamu, dan melakukan pengecekan berkala terhadap perlengkapan meja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...