Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Personal Branding Influencer terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Mahasiswa Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Asmayanti, Asmayanti (Unknown)
Reski Nurhikmah, Andi (Unknown)
Haruna, Hasisa (Unknown)
Rinda Oktariani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personal branding influencer terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen pada mahasiswa Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal, serta analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Program Studi Kewirausahaan yang menggunakan media sosial dan pernah terpapar konten influencer, dengan sampel sebanyak 120 responden yang diambil menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian. Selain itu, kepercayaan konsumen terbukti memediasi hubungan antara personal branding influencer dan keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa influencer yang kredibel, konsisten, dan interaktif dapat meningkatkan kepercayaan mahasiswa terhadap produk, sehingga mendorong niat dan keputusan pembelian secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...