Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Penambahan Sari Daun Pepaya Dalam Pengencer Sitrat Kuning Telur Terhadap Kualitas Spermatozoa Babi Persilangan Landrace Dan Duroc

Apolonius Grad Suardi (Unknown)
Kirenius Uly (Unknown)
Aloysius Marawali (Unknown)
Yustiany Yuliana Bette (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan sari daun papaya (SDP) ke dalam pengencer Tris-kuning Telur (T-KT) terhadap kualitas semen babi persilangan landrace dan duroc. Materi yang digunakan adalah semen segar dari babi jantan persilangan landrace dan duroc berumur 1,5 tahun dengan kondisi sehat dan terlatih untuk penampungan semen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap yang terdiri atas enam perlakuan dan lima ulangan, yaitu: T-KT (P0), SDP, (P1) T-KT+0,5% SDP, (P2) T-KT+1% SDP, (P3), T-KT+1,5% SDP (P4), T-KT+2% SDP, dan (P5) TKT+2,5% SDP. Semua perlakuan disimpan dalam coolbox pada suhu 15–20ºC. Variabel yang dilihat adalah motilitas, viabilitas, abnormalitas, dan daya tahan hidup spermatozoa. Evaluasi dilakukan setiap 12 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P5 (penambahan SDP 2,5%) pada penyimpanan selama 36 jam memberikan hasil terbaik (P<0,05) dibandingkan dengan perlakuan lainnya, dengan nilai motilitas 44,00±2,23% viabilitas 51,90±2,63%, abnormalitas 5,50±0,70%, dan daya tahan hidup selama 45,60 jam. Disimpulkan bahwa penambahan 2,5% SDP dalam pengencer Tris-kuning telur menghasilkan kualitas semen cair babi persilangan yang lebih baik dibandingkan perlakuan lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...