Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Customer Review dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee

Soleha, Nadiatus (Unknown)
Setiyarini, Triana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh customer review dan rating terhadap keputusan pembelian konsumen, khususnya dalam konteks pembelian online. Metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda digunakan, dengan sampel 68 mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Hasilnya menunjukkan bahwa customer review dan rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai adjusted R Square sebesar 0,855 menunjukkan bahwa 85% dari keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh pengaruh kedua variabel tersebut. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya bagi pelaku bisnis untuk memperhatikan customer review dan rating sebagai faktor kunci dalam strategi pemasaran mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...