JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 19 No 2 (2025): Jurnal Perspektif Pendidikan

Tantangan dan Manfaat Penggunaan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Instruksi dalam Pembelajaran EFL: Studi Kasus di Sekolah Menengah Indonesia

Falah, Shofia Honey (Unknown)
Febriansyah, Riyan (Unknown)
Sulistyahadi, Sulistyahadi (Unknown)
Syahira, Syahira (Unknown)
Kartini, Kartini (Unknown)
Arjuna, Ricky (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tantangan dan manfaat penggunaan English Medium Instruction (EMI) dalam pembelajaran English as a Foreign Language (EFL) di dua SMA negeri di Kota Manokwari, Papua Barat. Penelitian menggunakan desain studi kasus kualitatif dengan melibatkan 10 guru bahasa Inggris dan 50 siswa kelas XI. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi EMI menghadapi kendala linguistik, keterbatasan infrastruktur, dan faktor sosial-budaya. Meskipun demikian, EMI memberikan manfaat berupa peningkatan kepercayaan diri siswa dalam berbicara, motivasi belajar, dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa EMI berpotensi efektif di konteks EFL terpencil apabila diterapkan secara fleksibel dan disesuaikan dengan konteks lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...