Ù
ÙØ®ØµØ¥Ù Ø£ÙØ¯Ø§Ù ÙØ°Ø§ Ø§ÙØ¨ØØ« ÙÙ ÙÙ
Ø¹Ø±ÙØ© ترÙÙØ© استعاب اÙÙ
ÙØ±Ø¯Ø§Øª بعد استخداÙ
 اÙÙØ³Ø§Ø¦Ù Ø§ÙØ£ØºÙÙØ© ÙÙÙ
Ø¹Ø±ÙØ© رغبة Ø§ÙØªÙاÙ
ÙØ° اÙÙ Ø§ÙØªØ¹ÙÙ
 اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© Ù٠استعاب اÙÙ
ÙØ±Ø¯Ø§Øª بعد Ø§Ø³ØªØØ¯Ø§Ù
 اÙÙØ³Ø§Ø¦Ù Ø§ÙØ£ØºÙÙØ© Ù ÙÙ
Ø¹Ø±ÙØ© Ø§ÙØªØ£Ø«Ùر اÙÙØ³Ø§Ø¦Ù Ø§ÙØ£ØºÙÙØ© عÙ٠استعاب Ø§ÙØªÙاÙ
ÙØ° عÙ٠اÙÙ
ÙØ±Ø¯Ø§Øª ÙØ±ØºØ¨ØªÙÙ
 عÙ٠تعÙÙ
 اÙÙØºØ© Ø§ÙØºØ±Ø¨ÙØ©. ÙÙ ÙØ°Ø§ Ø§ÙØ¨ØØ« ÙØ³ØªØ®Ø¯Ù
 Ø§ÙØ¨Ø§ØØ« Ù
دخ٠اÙÙÙ
ÙØ© ÙÙÙØ¹ Ø§ÙØ¨ØØ« Ø§ÙØ°Ù ÙØ³ØªØ®Ø¯Ù
 Ø§ÙØ¨Ø§ØØ« طرÙÙØ© ØªØ¬Ø±ÙØ¨ÙØ© Ø£ÙÙÙÙØ© ( (pre experimen designÙØªØµÙ
ÙÙ
 Ø§ÙØ¨ØØ« Ø§ÙØ°Ù ÙØ³ØªØ®Ø¯Ù
Ù Ø§ÙØ¨Ø§ØØ« Ù٠اÙÙ
عÙÙÙ٠تصÙ
ÙÙ
 Ù
جÙ
ÙØ¹ ÙØ§ØØ¯ (One-shot case study) ÙØ³ØªØ®Ø¯Ù
 ب٠ÙÙ
Ø¹Ø±ÙØ© ÙØµÙتÙ٠اÙÙ
عÙÙÙÙ. Ù
Ø¹Ø¯Ù ÙØªÙجة Ø§ÙØ·Ùاب ÙÙ Ø§ÙØ§Ø®ØªØ¨Ø§Ø± اÙÙØµÙÙ ÙÙ 69Ø80 Ø£ÙØ¨Ø±Ùا 75 ÙØ£ØµØºØ±Ùا 50. ÙÙ
Ø¹Ø¯Ù ÙØªÙجة Ø§ÙØ·Ùاب ÙÙ Ø§ÙØ§Ø®ØªØ¨Ø§Ø± Ø§ÙØ¨Ø¹Ø¯Ù ÙÙ 79Ø30 Ø£ÙØ¨Ø±Ùا 95 ÙØ£ØµØºØ±Ùا 57. ÙÙØ°Ø§ بÙ
عÙÙ ÙÙØ§Ù ØªØ£Ø«ÙØ± بعد استخداÙ
 ÙØ³Ø§Ø¦Ù Ø§ÙØ£ØºÙÙØ© عÙÙ Ø§Ø³ØªÙØ¹Ø§Ø¨ اÙÙ
ÙØ±Ø¯Ø§Øª ÙØ§ÙدÙÙ٠عÙ٠ذÙ٠أÙ٠اÙÙØªÙØ¬Ø©ØªØØµÙعÙ٠اختبار  regresiØ§ÙØ³Ø§Ø¨ÙØ© ÙØªÙجة sig0Ø000 ÙØ£ÙÙ ÙØªÙجة sig أصغر Ù
Ù 0Ø05 thitung (5Ø650) Ø£ÙØ¨Ø± Ù
Ù ttabel(1Ø771) ÙÙÙÙÙ Ho Ù
رÙÙØ¶ Ù Ha Ù
ÙØ¨ÙÙ Ø£Ù ÙØ¬Ùد Ø§ÙØ£Ø«Ø± Ø§ÙØ¥Ùجاب٠اÙÙØ³Ø§Ø¦Ù Ø§ÙØ£ØºÙÙØ© عÙ٠اÙÙ
ÙØ±Ø¯Ø§Øª. ٠أÙ
ا Ù
Ù Ø§Ø³ØªÙØªØ§Ø¡ Ø§ÙØ±ØºØ¨Ø© عÙ٠تعÙÙ
 اÙÙØ¹Ø© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© Ø¨ÙØ³Ø§Ø¦Ù Ø§ÙØ£ØºÙÙØ© Ø¨Ø¨ÙØ§Ù Ø£Ù ÙØ¬ÙبÙÙ " Ù
ÙØ§Ù٠جدا"  باÙÙØ³Ø¨Ø© اÙÙ
Ø£ÙÙØ© ÙÙÙ29 % ÙÙØ¬ÙبÙÙ "Ù
ÙØ§ÙÙ" باÙÙØ³Ø¨Ø© اÙÙ
Ø£ÙÙØ© ÙÙÙ59Ø30 % ÙÙØ¬ÙبÙÙ "ØºÙØ± Ù
ÙØ§ÙÙ" باÙÙØ³Ø¨Ø© اÙÙ
Ø£ÙÙØ© ÙÙÙ11Ø70 % ÙÙØ¬ÙبÙÙ "ØºÙØ± Ù
ÙØ§Ù٠جدا" ÙÙÙ 0 باÙÙØ³Ø¨Ø© اÙÙ
Ø£ÙÙØ© 0 %.اÙÙÙÙ
Ø© Ø§ÙØ±Ø¦ÙØ³ÙØ©: طرÙÙØ© ØªØ¬Ø±ÙØ¨ÙØ© Ø£ÙÙÙÙØ© Ù ÙØ³Ø§Ø¦Ù Ø§ÙØ£ØºÙÙØ© Ù Ø§ÙØ¬Ø§Ø² تعÙÙÙ
 Ø§ÙØªÙاÙ
ÙØ°AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media lagu terhadap penguasaan kosakata dan minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X A Madrasah Aliyah Daarul Masholeh Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre experimen design dengan desain One-shot case study. Hasil penelitian pada nilai rata-rata UTS 69,80 dan pada nilai post-test rata-rata 79,30 lebih baik dari nilai UTS. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa media lagu dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas X A Madrasah Aliyah Daarul Masholeh Kota Cirebon.Kata Kunci: Experimen, Media Lagu, Peningkatan Belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018