JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERMEDIA KARTU MISTERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TOKOH SEJARAH KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA

Rosliyani, Ai (Unknown)
Hanifah, Nurdinah (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2016

Abstract

Berdasarkan kurang memuaskannya hasil belajar siswa kelas V a SDN Sindang III pada materi tokoh sejarah kerajaan Islam di Indonesia sehingga diperbaiki dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD bermedia kartu misteri agar pembelajaran lebih menarik dan terarah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara siswa dan guru, pedoman observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Hasil belajar yang tuntas dari 21 siswa pada data awal hanya 5 siswa (23,80%), kemudian siklus I menjadi 9 siswa (42,86%), siklus II meningkat menjadi 16 siswa (76,19%), lalu pada siklus III mencapai target dengan 20 siswa (95,24%) tuntas mencapai KKM. Maka, model kooperatif tipe STAD bermedia kartu dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V a SDN Sindang III pada materi tokoh sejarah kerajaan Islam di Indonesia.Kata Kunci: Model kooperatif tipe STAD, Media kartu misteri, Hasil belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...