JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM

Walfiani, Wafa (Unknown)
Kurnia, Dadang (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sindang III, dilatarbelakangi kurang memuaskannya hasil belajar siswa pada materi pemanfaatan sumber daya alam. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan karena muatan materinya sangat banyak, serta dipengaruhi oleh pelaksanaan pembelajaran yang monoton sehingga kurang membangkitkan minat belajar siswa. Upaya peningkatan pembelajaran tersebut ialah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT. Permasalahan tersebut diperbaiki melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan desain penelitian model Kemmis dan Taggart, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara siswa dan guru, observasi kinerja guru pada perencanaan, pelaksanaan, kinerja guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif TGT, aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Penelitian ini terselesaikan dalam III siklus dengan hasil perolehan pada tahap perencanaan mencapai 100%, pelaksanaan 100%, kinerja guru dalam penerapan model 100%, aktivitas siswa 94,9%, dan hasil belajar 87,9%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dijadikan rekomendasi untuk inovasi pembelajaran yang lebih menarik.Kata Kunci: Model kooperatif TGT, Hasil belajar siswa, Penelitian Tindakan Kelas.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...