cover
Contact Name
Muhammad Rijal Fadli
Contact Email
swarnadwipajurnal.umm@gmail.com
Phone
+6282289312980
Journal Mail Official
rijalfadli.co@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No.116, Iringmulyo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34112
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya
ISSN : -     EISSN : 25807315     DOI : 10.24127/sd
The focus and scope of this journal are: Deep History: This journal explores history with an in-depth approach to unearth valuable pieces of the past that influenced the development of society and culture. Social Dynamics: Involves careful analysis of changes and evolution in social structures, making this journal an ideal platform for an in-depth understanding of societal development. Cultural Diversity: Highlighting cultural diversity as a critical element in the formation of collective identity, this journal opens the door to discussions of cultural traditions, norms, and values. Innovative Learning Methods: Focus on learning by discussing innovative methods that can be applied in historical, social, and cultural understanding, advancing discourse regarding effective learning approaches. Interdisciplinary: This journal is interdisciplinary, combining various fields of science such as history, sociology, anthropology, and education to provide a holistic view of the topics discussed. In-depth Study: Encouraging in-depth research and critical analysis of historical, social, and cultural phenomena, this journal makes a significant contribution to the development of science. Local and Global Context: Paying attention to the local context but still considering the global impact, makes this journal a relevant place for discussions about the relationship between locality and globality.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA" : 12 Documents clear
Pengembangan Komik Sejarah Pada Materi Agresi Militer Belanda Ke 2 di Metro Khasanah, Uswatun; Hartati, Umi
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2730

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) mendiskripsikan media pembelajaran sejarah selama ini di SMA Negeri 1 Metro(2)untuk mendapatkan desain komik sejarah pada materi perlawanan agresi militer Belanda ke 2 di Metro untuk pembelajarah sejarah kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Metro; (3) mendeskripsikan apakah menurut pakar dan praktisi desain komik sejarah untuk pembelajaran sejarah layak digunakan atau tidak. Penelitian menggunakan metode research and development (R&D). Setelah menghasilkan draf produk dilakukan validasi oleh tim ahli yakni ahli media dan ahli materi, penyebaran angket guna melihat respon siswa terhadap komik sejarah yang dikembangkan.Hasil penelitian yaitu (1) penggunaan media dansumber belajar di SMA Negeri 1 Metro yang masih identik dengan buku teks dan LCD/Proyektor ; (2) media pembelajaran komik sejarah didesain sesuai dengan KI dan KD kurikulum 2013; (3) hasil validasi oleh ahli media tahap 1 sebesar 75% (Layak) tahap 2 sebesar 94,1% (Sangat Layak), tahap 1 dan tahap 2 meningkat 19,1%. Hasil validasi oleh ahli materi tahap 1 sebesar 80% (Layak), tahap 2 sebesar 93,75% (Sangat Layak), tahap 1 dan tahap 2 meningkat 13,75%. Hasil tanggapan siswa sebesar 96,8% (Sangat Layak). Berdasarkan hasil validasi menunjukan bahwa media pembelajaran komik sejarah pada materi Agresi Militer Belanda ke 2 di metro layak untuk diuji cobakan.
Pengembangan Media Komik Digital pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SMK Wardhani, Dinda Citra Dhevi Aji Kusuma; Kuswono, Kuswono
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2733

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa komik digital pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah teruji dan tervalidasi oleh ahli. Adapun dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan jenis pengembangan R & D yang dikembangkan oleh Sugiyono pada tahap level 1. Dalam penelitian ini terbatas peda pengembangan produk level 1 sebagaimana hanya menghasilkan produk teruji. Adapun langkah dalam mengembangkan produk adalah menemukan potensi dan masalah, merancang produk, mengembangkan, dan memvalidasi produk. Adapun validasi dalam penelitian ini dilakukan dengan validasi materi dan desain produk. Hasil penelitian ini bahwa Pembelajaran yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Metro sebelum menggunakan media Komik Digital adalah Pembelajaran secara daring dengan menggunakan media belajar berupa buku dan video. Pengembangan Komik Digital dikembangkan dengan memperhatikan unsur materi yang ada di dalamnya. Materinya adalah Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pengembangan produk berupa Komik Digital tervalidasi dengan kriteria valid yakni layak digunakan baik dalam aspek desain maupun aspek bahasa dalam pembelajaran sejarah.
Hubungan Antara Minat Dan Kesadaran Sejarah Dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur Ningrum, Shinta Rida; Setiawati, Elis; Sopacua, Jems
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2735

Abstract

ujuan penelitian yang dicapai adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Minat dan Kesadaran Sejarah dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode korelasionsl dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 201 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisa korelasi ganda dengan menggunakan variable Minat belajar (X1), Kesadaran Sejarah (X2) Sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar (Y). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022, (2) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kesadaran Sejarah dengan prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022, (3) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Minat dan Kesadaran Sejarah dengan prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022.
Perkembangan Gereja Katolik Stasi Sambikarto Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 1941-2020 Wati, Engela Mustika; Hartati, Umi
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2731

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Latar belakang berdirinya gereja Katolik stasi Sambikarto, (2) Perkembangan gereja Katolik stasi Sambikarto tahun 1941-2020, (3) Keterlibatan pemuda Katolik di gereja stasi Sambikarto. Penelitian ini menggunakan metode historis yaitu suatu cara, prosedur, atau teknik yang sistematis sesuai dengan asas-asas dan ketentuan ilmu sejarah untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Prosedur penelitian dilakukan melalui 5 tahap yaitu: pemilihan topik, heuristik, kritik, interprestasi, dan historigrafi. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Perjalanan sejarah dari peristiwa perkembangan agama Katolik di Lampung tahun 1941-1945 tidak pernah terlepas dari adanya peperangan yang mengakibatkan banyak korban yang gugur dalam perang, kisah ini menceritakan perjalanan yang sangat panjang bagi umat Katolik dalam memperjuangkan kebangsaan Indonesia serta kesatuan yang berpaku pada sang pencipta. (2) Perkembangan gereja Katolik dari tahun 1941-2020 memiliki perkembangan yang sangat pesat yang mana pada saat itu umat disana kedatangan pendatang dari Jawa yang terdiri 1 keluarga kemudian tahun 1946-1951 datang lagi pendatang dari Jawa yang terdiri dari 2 keluarga. Melihat perkembangan umat yang semakin meningkat jumlahnya maka umat berpikir untuk memiliki gedung gereja sendiri yang lebih luas dan layak ditempati seluruh umat. (3) Orang muda diajak agar semakin beriman dan untuk menerima rahmat dengan syukur pada keselamatan Allah. Perayaan ekaristi juga merupakan salah satu sumber bagi kehidupan umat Kristiani.
Peranan Raden Intan II Dalam Usaha Menghadapi Penjajahan Belanda di Lampung 1835-1856 Saputra, Romi; Sumiyatun, Sumiyatun; Rukmana, Lisa
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2732

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dalam usaha menghadapi penjajahan Belanda di Lampung Raden Intan II banyak mengalami rintangan. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan kondisi politik dan ekonomi di Lampung pada saat kedatangan Belanda 1816-1856; 2) Untuk mendeskripsikan peranan Raden Intan II dalam usaha menghadapi perlawanan Belanda 1835-1856; 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Raden Intan II dalam usaha menghadapi perlawanan Belanda 1835-1856. Metode penelitian menggunakan metode historis dengan tahapan heuristik, studi kepustakaan, kritik sumber, interpetasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada abad ke 19 kondisi Lampung melalui besluit tanggal 22 November 1808 dijadikan daerah yang langsung dibawah gubernur Belanda. Hal tersebut ditentang oleh rakyat Lampung, dan terjadi perlawanan yang dimulai oleh pangeran Indra Kusuma hingga puncaknya yang di pimpin oleh Raden Intan II.
Inventarisasi Potensi Cagar Budaya Peninggalan Masa Penjajahan Belanda sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal di Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2019 Prastyo, Ardi Bangun; Sumiyatun, Sumiyatun
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2734

Abstract

Cagar Budaya adalah warisan peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga dan merawat potensi cagar budaya sebagai warisan budaya bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan potensi cagar budaya peninggalan masa penjajahan Belanda dan mendeskripsikan inventarisasi peninggalan masa penjajahan Belanda dapat dijadikan sumber sejarah lokal. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PTPN VII Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah. Data dalam penelitian diperoleh melalui metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa potensi cagar budaya merupakan segala daya yang dapat dikembangkan dari objek/benda. Potensi cagar budaya tersebut dapat dijadikan sumber sejarah lokal yang merupakan peninggalan pada masa penjajahan Belanda. Hal tersebut mengandung nilai penting dalam kehidupan masyarakat Bekri dan sekitarnya.
Perkembangan Gereja Katolik Stasi Sambikarto Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 1941-2020 Wati, Engela Mustika; Hartati, Umi
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2731

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Latar belakang berdirinya gereja Katolik stasi Sambikarto, (2) Perkembangan gereja Katolik stasi Sambikarto tahun 1941-2020, (3) Keterlibatan pemuda Katolik di gereja stasi Sambikarto. Penelitian ini menggunakan metode historis yaitu suatu cara, prosedur, atau teknik yang sistematis sesuai dengan asas-asas dan ketentuan ilmu sejarah untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Prosedur penelitian dilakukan melalui 5 tahap yaitu: pemilihan topik, heuristik, kritik, interprestasi, dan historigrafi. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Perjalanan sejarah dari peristiwa perkembangan agama Katolik di Lampung tahun 1941-1945 tidak pernah terlepas dari adanya peperangan yang mengakibatkan banyak korban yang gugur dalam perang, kisah ini menceritakan perjalanan yang sangat panjang bagi umat Katolik dalam memperjuangkan kebangsaan Indonesia serta kesatuan yang berpaku pada sang pencipta. (2) Perkembangan gereja Katolik dari tahun 1941-2020 memiliki perkembangan yang sangat pesat yang mana pada saat itu umat disana kedatangan pendatang dari Jawa yang terdiri 1 keluarga kemudian tahun 1946-1951 datang lagi pendatang dari Jawa yang terdiri dari 2 keluarga. Melihat perkembangan umat yang semakin meningkat jumlahnya maka umat berpikir untuk memiliki gedung gereja sendiri yang lebih luas dan layak ditempati seluruh umat. (3) Orang muda diajak agar semakin beriman dan untuk menerima rahmat dengan syukur pada keselamatan Allah. Perayaan ekaristi juga merupakan salah satu sumber bagi kehidupan umat Kristiani.
Hubungan Antara Minat Dan Kesadaran Sejarah Dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur Ningrum, Shinta Rida; Setiawati, Elis; Sopacua, Jems
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2735

Abstract

ujuan penelitian yang dicapai adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Minat dan Kesadaran Sejarah dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode korelasionsl dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 201 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisa korelasi ganda dengan menggunakan variable Minat belajar (X1), Kesadaran Sejarah (X2) Sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar (Y). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022, (2) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kesadaran Sejarah dengan prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022, (3) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Minat dan Kesadaran Sejarah dengan prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022.
Pengembangan Media Komik Digital pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SMK Wardhani, Dinda Citra Dhevi Aji Kusuma; Kuswono, Kuswono
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2733

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa komik digital pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah teruji dan tervalidasi oleh ahli. Adapun dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan jenis pengembangan R & D yang dikembangkan oleh Sugiyono pada tahap level 1. Dalam penelitian ini terbatas peda pengembangan produk level 1 sebagaimana hanya menghasilkan produk teruji. Adapun langkah dalam mengembangkan produk adalah menemukan potensi dan masalah, merancang produk, mengembangkan, dan memvalidasi produk. Adapun validasi dalam penelitian ini dilakukan dengan validasi materi dan desain produk. Hasil penelitian ini bahwa Pembelajaran yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Metro sebelum menggunakan media Komik Digital adalah Pembelajaran secara daring dengan menggunakan media belajar berupa buku dan video. Pengembangan Komik Digital dikembangkan dengan memperhatikan unsur materi yang ada di dalamnya. Materinya adalah Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pengembangan produk berupa Komik Digital tervalidasi dengan kriteria valid yakni layak digunakan baik dalam aspek desain maupun aspek bahasa dalam pembelajaran sejarah.
Pengembangan Komik Sejarah Pada Materi Agresi Militer Belanda Ke 2 di Metro Khasanah, Uswatun; Hartati, Umi
Swarnadwipa Vol 6, No 2 (2022): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v6i2.2730

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) mendiskripsikan media pembelajaran sejarah selama ini di SMA Negeri 1 Metro(2)untuk mendapatkan desain komik sejarah pada materi perlawanan agresi militer Belanda ke 2 di Metro untuk pembelajarah sejarah kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Metro; (3) mendeskripsikan apakah menurut pakar dan praktisi desain komik sejarah untuk pembelajaran sejarah layak digunakan atau tidak. Penelitian menggunakan metode research and development (R&D). Setelah menghasilkan draf produk dilakukan validasi oleh tim ahli yakni ahli media dan ahli materi, penyebaran angket guna melihat respon siswa terhadap komik sejarah yang dikembangkan.Hasil penelitian yaitu (1) penggunaan media dansumber belajar di SMA Negeri 1 Metro yang masih identik dengan buku teks dan LCD/Proyektor ; (2) media pembelajaran komik sejarah didesain sesuai dengan KI dan KD kurikulum 2013; (3) hasil validasi oleh ahli media tahap 1 sebesar 75% (Layak) tahap 2 sebesar 94,1% (Sangat Layak), tahap 1 dan tahap 2 meningkat 19,1%. Hasil validasi oleh ahli materi tahap 1 sebesar 80% (Layak), tahap 2 sebesar 93,75% (Sangat Layak), tahap 1 dan tahap 2 meningkat 13,75%. Hasil tanggapan siswa sebesar 96,8% (Sangat Layak). Berdasarkan hasil validasi menunjukan bahwa media pembelajaran komik sejarah pada materi Agresi Militer Belanda ke 2 di metro layak untuk diuji cobakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12