cover
Contact Name
Muhammad Rijal Fadli
Contact Email
swarnadwipajurnal.umm@gmail.com
Phone
+6282289312980
Journal Mail Official
rijalfadli.co@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No.116, Iringmulyo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34112
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya
ISSN : -     EISSN : 25807315     DOI : 10.24127/sd
The focus and scope of this journal are: Deep History: This journal explores history with an in-depth approach to unearth valuable pieces of the past that influenced the development of society and culture. Social Dynamics: Involves careful analysis of changes and evolution in social structures, making this journal an ideal platform for an in-depth understanding of societal development. Cultural Diversity: Highlighting cultural diversity as a critical element in the formation of collective identity, this journal opens the door to discussions of cultural traditions, norms, and values. Innovative Learning Methods: Focus on learning by discussing innovative methods that can be applied in historical, social, and cultural understanding, advancing discourse regarding effective learning approaches. Interdisciplinary: This journal is interdisciplinary, combining various fields of science such as history, sociology, anthropology, and education to provide a holistic view of the topics discussed. In-depth Study: Encouraging in-depth research and critical analysis of historical, social, and cultural phenomena, this journal makes a significant contribution to the development of science. Local and Global Context: Paying attention to the local context but still considering the global impact, makes this journal a relevant place for discussions about the relationship between locality and globality.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS GAME EDUKASI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH Sutriati, Ani; Pranoto, Hadi; Cahyono, Heri; Aryani, Rita
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.2841

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar sejarah peserta didik kelas X.E.2, untuk mengatasi permasalahan perlu dilakukan tindakan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Times Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan minat belajar sejarah peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Times Games Tournament (TGT) di SMAN 1 Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran, siklus I dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yang dalam setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X.E.2 SMAN 1 Pringsewu yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar sejarah dengan penerapan model Times Games Tournament (TGT) sebesar 14,26%. Sedangkan untuk hasil belajar mengalami peningkatan setelah penerapan model Times Games Tournament (TGT) sebesar 15,41%.
KAJIAN SEMIOTIKA HUNIAN RUMAH TRADISIONAL LAMPUNG DI DESA WANA KECAMATAN MELINTING LAMPUNG TIMUR TAHUN 2021-2022 Yanti, Fitri; Sumiyatun, Sumiyatun; Hidayat, Bobi
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.3017

Abstract

Rumah Tradisional Nuwo Balak merupakan rumah tradisional Lampung, ciri khas kebudayaan di Desa Wana Lampung Timur yang sampai saat ini masih terus dilestarikan oleh masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai eksotis, struktur ragam hias dan makna simolis pada hunian rumah tradisional Lampung di Desa Wana Lampung Timur. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai eksotis yang berupa ukiran dan ornamen yang terdapat pada dinding Rumah Nuwo Balak akan melewati berbagai proses perencanaan yang matang dan tidak terlepas dari adat istiadat yang telah ditetapkan sebagai sumber hukum yang berlaku di masyarakat. Struktur ragam hias dari ornamen rumah tradisional Nuwo Balak terdapat tiga jenis bentuk yaitu geometris, fauna dan flora. Selain untuk memenuhi fungsi estetik, struktur ragam hias juga bermakna simbolik yang berfungsi sebagai media rupa untuk menyampaikan pesan. Sedangkan makna simbolis yang terdapat dalam Rumah Nuwo Balak dimaknai sebagai tanda status sosial, makna dan harapan suatu tujuan, misalnya harapan kekuatan, kemenangan, kesejahteraan.
REPRESENTASI NASIONALISME DALAM JURNALISME MEDIA ONLINE DI MEKTV KENDARI Mahdar, Mahdar; Putera, Zulfikar; Satyadharma, Maudhy; Safitri, Triana Nur
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.2882

Abstract

Penelitian ini berupaya menganalisis representasi nasionalisme dari salah satu channel Youtube Mektv Kendari terkait Diskusi Kebangsaan terkait Peringatan Kemerdekaan RI Tahun 2022 dengan kajian semiotika Charles Sanders Pierce. Representasi nasionalisme dalam pemberitaan ini menggunakan metode kualitatif dan analisis semiotic sebagai pendekatannya. Semiotika Pierce yang digunakan oleh peneliti adalah model triangle meaning yang terdiri atas Sign, Objective dan Intrepetant. Hasil penelitian menemukan bahwa nasionalisme hari ini sudah banyak memudar dan peringatan Kemerdekaan RI ini adalah momentum baik dalam menguprade ulang nasionalisme hari ini dengan Legiun Veteran RI menjadi salah satu unsur bangsa ini yang turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat hari ini.
MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI SMAN 1 PEKALONGAN Albadawi, Rivat; Hidayat, Bobi; Kuswono, Kuswono; Tasnur, Irvan
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.3020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran sejarah, 2) mengetahui hasil penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki dampak efektif bagi siswa dalam belajar dan juga sebagai media belajar online yang membantu guru dalam pemberian materi, daftar hadir, serta tugas kepada siswa lebih mudah dan praktis. Kedua, hasil implentasi google classroom terhadap motivasi siswa dalam penggunaan google classroom dibagi berdasarkan indikator, kelas, dan jenis kelamin. Idikator 1 sampai indikator 4 memperoleh rata-rata persentase 75% dengan frekuensi 43 siswa dan siswi dalam kategori baik. Berdasarkan kelas XI IPS 1, XI IPA 2, XI IPA 1 memperoleh rata-rata persentase 74,4% dalam kategori baik, sedangkan untuk jenis kelamin siswa putra dan siswi putri dengan total jumlah responden 43 menunjukkan rata-rata persentase 75% dalam kategori baik.
PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK BUZZ TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 METRO Kholifatun, Kholifatun; Kuswono, Kuswono; Setiawati, Elis
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.3021

Abstract

Tujuan Penelitian yang ingin dicapai adalah Untuk Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Buzz Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data dan sumber data diperoleh dari buku, data nilai dari peserta didik dan dokumentasi, dan sumber-sumber lainya lainnya yang dapat membantu dalam mengumpulkan informasi data penelitian. Prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, eksperimen, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisa data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesisi melalui uji kesamaan dua rata-rata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimen menggunakan desain pretest-postetst control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IPS 1 berjumlah 36 siswa dan XI IPS 2 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis data digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 25, melalui uji Independent sample t test untuk angket dan uji Mann-Whitney untuk soal test. Hasil analisis uji t untuk variabel prestasi belajar diperoleh nilai signifikan 0,030 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode buzz group terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada materi Proklamasi Kemerdekaan. Sedangnkan hasil uji t untuk variabel aktivitas belajar siswa diperoleh nilai signifikansi 0,315 > 0,05 artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok Buzz tidak memberikan pengaruh yang lebih terhadap Aktivitas belajar siswa namun diskusi kelompok Buzz berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro.
MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI SMAN 1 PEKALONGAN Albadawi, Rivat; Hidayat, Bobi; Kuswono, Kuswono; Tasnur, Irvan
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.3020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran sejarah, 2) mengetahui hasil penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki dampak efektif bagi siswa dalam belajar dan juga sebagai media belajar online yang membantu guru dalam pemberian materi, daftar hadir, serta tugas kepada siswa lebih mudah dan praktis. Kedua, hasil implentasi google classroom terhadap motivasi siswa dalam penggunaan google classroom dibagi berdasarkan indikator, kelas, dan jenis kelamin. Idikator 1 sampai indikator 4 memperoleh rata-rata persentase 75% dengan frekuensi 43 siswa dan siswi dalam kategori baik. Berdasarkan kelas XI IPS 1, XI IPA 2, XI IPA 1 memperoleh rata-rata persentase 74,4% dalam kategori baik, sedangkan untuk jenis kelamin siswa putra dan siswi putri dengan total jumlah responden 43 menunjukkan rata-rata persentase 75% dalam kategori baik.
PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK BUZZ TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 METRO Kholifatun, Kholifatun; Kuswono, Kuswono; Setiawati, Elis
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.3021

Abstract

Tujuan Penelitian yang ingin dicapai adalah Untuk Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Buzz Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data dan sumber data diperoleh dari buku, data nilai dari peserta didik dan dokumentasi, dan sumber-sumber lainya lainnya yang dapat membantu dalam mengumpulkan informasi data penelitian. Prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, eksperimen, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisa data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesisi melalui uji kesamaan dua rata-rata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimen menggunakan desain pretest-postetst control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IPS 1 berjumlah 36 siswa dan XI IPS 2 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis data digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 25, melalui uji Independent sample t test untuk angket dan uji Mann-Whitney untuk soal test. Hasil analisis uji t untuk variabel prestasi belajar diperoleh nilai signifikan 0,030 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode buzz group terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada materi Proklamasi Kemerdekaan. Sedangnkan hasil uji t untuk variabel aktivitas belajar siswa diperoleh nilai signifikansi 0,315 > 0,05 artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok Buzz tidak memberikan pengaruh yang lebih terhadap Aktivitas belajar siswa namun diskusi kelompok Buzz berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS GAME EDUKASI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH Sutriati, Ani; Pranoto, Hadi; Cahyono, Heri; Aryani, Rita
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.2841

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar sejarah peserta didik kelas X.E.2, untuk mengatasi permasalahan perlu dilakukan tindakan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Times Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan minat belajar sejarah peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Times Games Tournament (TGT) di SMAN 1 Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran, siklus I dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yang dalam setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X.E.2 SMAN 1 Pringsewu yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar sejarah dengan penerapan model Times Games Tournament (TGT) sebesar 14,26%. Sedangkan untuk hasil belajar mengalami peningkatan setelah penerapan model Times Games Tournament (TGT) sebesar 15,41%.
KAJIAN SEMIOTIKA HUNIAN RUMAH TRADISIONAL LAMPUNG DI DESA WANA KECAMATAN MELINTING LAMPUNG TIMUR TAHUN 2021-2022 Yanti, Fitri; Sumiyatun, Sumiyatun; Hidayat, Bobi
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.3017

Abstract

Rumah Tradisional Nuwo Balak merupakan rumah tradisional Lampung, ciri khas kebudayaan di Desa Wana Lampung Timur yang sampai saat ini masih terus dilestarikan oleh masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai eksotis, struktur ragam hias dan makna simolis pada hunian rumah tradisional Lampung di Desa Wana Lampung Timur. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai eksotis yang berupa ukiran dan ornamen yang terdapat pada dinding Rumah Nuwo Balak akan melewati berbagai proses perencanaan yang matang dan tidak terlepas dari adat istiadat yang telah ditetapkan sebagai sumber hukum yang berlaku di masyarakat. Struktur ragam hias dari ornamen rumah tradisional Nuwo Balak terdapat tiga jenis bentuk yaitu geometris, fauna dan flora. Selain untuk memenuhi fungsi estetik, struktur ragam hias juga bermakna simbolik yang berfungsi sebagai media rupa untuk menyampaikan pesan. Sedangkan makna simbolis yang terdapat dalam Rumah Nuwo Balak dimaknai sebagai tanda status sosial, makna dan harapan suatu tujuan, misalnya harapan kekuatan, kemenangan, kesejahteraan.
REPRESENTASI NASIONALISME DALAM JURNALISME MEDIA ONLINE DI MEKTV KENDARI Mahdar, Mahdar; Putera, Zulfikar; Satyadharma, Maudhy; Safitri, Triana Nur
Swarnadwipa Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/sd.v7i2.2882

Abstract

Penelitian ini berupaya menganalisis representasi nasionalisme dari salah satu channel Youtube Mektv Kendari terkait Diskusi Kebangsaan terkait Peringatan Kemerdekaan RI Tahun 2022 dengan kajian semiotika Charles Sanders Pierce. Representasi nasionalisme dalam pemberitaan ini menggunakan metode kualitatif dan analisis semiotic sebagai pendekatannya. Semiotika Pierce yang digunakan oleh peneliti adalah model triangle meaning yang terdiri atas Sign, Objective dan Intrepetant. Hasil penelitian menemukan bahwa nasionalisme hari ini sudah banyak memudar dan peringatan Kemerdekaan RI ini adalah momentum baik dalam menguprade ulang nasionalisme hari ini dengan Legiun Veteran RI menjadi salah satu unsur bangsa ini yang turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat hari ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10