JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089"
:
12 Documents
clear
BRAND IMAGE AND PERCEIVED QUALITY ON CONSUMER BUYING DECISION OF SAMSUNG MOBILE PHONE IN MANADO
Maindoka, Raiza;
Lapian, Joyce;
Tumewu, Ferdinand
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (276.518 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4467
Buying decision is the stage in which consumers make the decision or take an action whether to purchase a certain product or not. The purpose of this research is to analyze the simultaneous effect of brand images and perceived quality of consumer buying decision. This research, the population refers to people in the city of Manado which used mobile phone brand Samsung with sample size as many as 100 respondents. This research used quantitative analyze by using questionnaires and used Multiple Regression Analysis. Result and conclusion show that brand image and perceived quality have significant effect on consumer buying decision while in the case of simultaneous effect. Brand image has a significant partial effect on consume buying decision while perceived quality has no significant partial effect on consumer buying decision and to analyze the simultaneously and partially effect on consumer buying decision, and it is better to use brand image variable to measure consumer buying decision. Therefore, further studies should widen the variables that can potentially effect consumer buying decision and broaden the scope of respondents not only in the region of Manado, but also can use comparative analysis with surrounded cities of Manado. Keywords: brand image, perceived quality, buying decision
ANALISIS PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN BADAN PADA PT. GOLDEN MITRA INTI PERKASA
Tindagi, Rayzah;
Morasa, Jenny
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (249.804 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4487
Penerimaan pajak adalah salah satu aspek dalam penyelenggaraan pembangunan negara. Salah satu jenis pajak yang ditetapkan pemerintah adalah PPh. PPh adalah pajak yang dikenakan terhadap subjek pajak atas penghasilan yang diterima atau diperolehnya dalam tahun pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perhitungan PPh  badan pada PT. Golden Mitra Inti Perkasa sesuai dengan UU. Perpajakan No. 36 Tahun 2008. Penelitian ini menggunakan laporan keuangan periode akuntansi Per 31 Desember 2011. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan PPh yang dilakukan perusahaan belum sesuai dengan UU. Perpajakan No. 36 Tahun 2008 hal ini dibuktikan dengan perusahaan tidak menghitung fasilitas pengurangan tarif sebagaimana diatur pada Pasal 31E. Sebaiknya manajemen perusahaan menerapkan perhitungan PPh sesuai dengan aturan UU. No. 36 Tahun 2008, agar tidak dikenakan sanksi administrasi perpajakan. Kata kunci: pajak penghasilan badan
RASIO KEUANGAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL DEVISA YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA
Polii, Pryanka J.V;
Saerang, Ivonne;
Mandagie, Yunita
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (634.191 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4468
Harga Saham ditentukan melalui mekanisme harga pada saat pasar saham sedang berlangsung berdasarkan pada permintaan dan penawaran saham. Bank umum swasta nasional devisa (BUSND) adalah bank yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh pihak swasta non asing dan dapat melakukan transaksi dengan pihak luar negeri atau berkaitan dengan valuta asing (valas). Aturan pada bisnis perbankan di Indonesia harus, memenuhi CAR sebesar 8%, semakin tinggi CAR maka semakin baik kemampuan bank tersebut untuk menanggung risiko dari setiap kredit, sehingga bank yang memiliki kecukupan modal yang baik akan meningkatkan kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya yang mengakibatkan harga sahamnya meningkat. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR, LDR, ROA dan ROE terhadap harga saham. Populasi sebanyak 19 BUSND yang go public dan sampel yang digunakan sebanyak 10 bank dengan teknik purposive sampling, periode data tahun 2010-2012. Penelitian menggunakan teknik asosiatif dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan, CAR, LDR, ROA dan ROE berpengaruh signifikan terhadap harga saham, secara parsial CAR dan LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan ROA dan ROE berpengaruh signifikan. BUSND yang go public di BEI diharapkan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dan memperhitungkan risiko yang akan dihadapi sehingga dapat meningkatkan harga saham yang diharapkan. Kata kunci: CAR, LDR, ROA, ROE, harga saham
IKLAN DAN HARGA PENGARUHNYA TERHADAP PENJUALAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO
Alhasni, Atika;
Ogi, Imelda
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (309.051 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4483
Penjualan penting bagi suatu perusahaan, karena melalui penjualan maka dapat diperoleh laba. Untuk menarik minat konsumen maka perusahaan mengiklankan produknya. Iklan yang ditampilkan harus menarik dan mudah dipahami konsumen, agar dapat mempengaruhi minat membeli produk yang ditawarkan. Harga yang ditetapkan perusahaan mengikuti mekanisme pasar dan target pasar yang dituju, jika tidak penjualan perusahaan akan bermasalah. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan iklan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap penjualan mobil Toyota Avanza pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Penelitian ini termasuk dalam hubungan kausal. Populasi penelitian menggunakan data biaya iklan dan harga mobil Avanza yang ditetapkan pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Sedangkan sampel menggunakan data bulanan untuk periode 3 tahun terakhir. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan dan parsial iklan dan harga berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Dalam memasaran produk sebaiknya manajemen PT. Hasjrat Abadi lebih memperhatikan iklan dan harga agar penjualan dapat meningkat. Kata kunci: iklan, harga, penjualan.
ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJUAL ATAU MEMPROSES LEBIH LANJUT PRODUK PADA PT. FORTUNA INTI ALAM
Mandagi, Wulan Christiana;
Saerang, David P.E.;
Pusung, Rudy J.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (329.865 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4485
Akuntansi biaya berfungsi untuk mengukur pengorbanan nilai masukan guna menghasilkan informasi bagi manajemen. Salah satu manfaatnya untuk mengukur apakah kegiatan usaha menghasilkan laba atau sisa hasil usaha. Informasi relevan merupakan faktor yang sangat berguna di dalam menghasilkan keputusan yang baik dan benar. Biaya relevan merupakan hasil pengolahan data historis oleh akuntan intern. Disebut relevan karena berhubungan erat dengan pengambilan keputusan manajemen. Salah satu tugas manajer adalah membuat keputusan berdasarkan informasi akuntansi yang relevan. Tujuan dari penelitian ini,untuk mengetahui perhitungan biaya relevan yang dilakukan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan menjual atau memproses lebih lanjut produk dan untuk menganalisis biaya relevan dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, biaya relevan dipergunakan untuk pengambilan keputusan menyangkut pemilihan berbagai alternatif tindakan manajemen. Biaya relevan muncul dalam situasi dimana pengambilan keputusan harus memilih diantara dua pilihan atau lebih. Perusahaan dapat mengambil keputusan memproses lebih lanjut produk dengan melihat selisih antara keduanya dengan menggunakan analisis biaya relevan. PT. Fortuna Inti Alam mendapatkan keuntungan lebih dengan memproses lebih lanjut produk. Manajemen perusahaan sebaiknya memproses lebih lanjut produk sebab akan lebih menguntungkan dan meningkatkan pendapatan. Kata kunci: biaya relevan, pengambilan keputusan, menjual atau memproses lebih lanjut
CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM EXCITE ORIFLAME
Manoppo, Jacky R.;
Tumbuan, Willem J.F Alfa
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (440.442 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4484
Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat, membuat perusahaan berusaha mencari strategi yang tepat dalam memasarkan produknya. Citra merek, kualitas produk dan promosi berpotensi akan meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Parfum Excite Oriflamme pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi angkatan 2011 yang merupakan pengguna Parfum Excite Oriflamme, dan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dan alat analisis menggunakan regresi linear berganda. Instrumen kuesioner digunakan sebagai pengumpul data. Citra merek, kualitas produk dan promosi organisasi secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Parfum Excite Oriflamme. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Produk, Citra Merk dan Promosi yang telah dilakukan perusahaan Oriflame sudah baik dan memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatan keputusan pembelian. Kata kunci: citra merek, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian
TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL V MANADO
Lowing, Seiby;
Tinangon, Jantje;
Walandouw, Stanley
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (417.924 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4486
Manajemen mutu total (TQM) merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Kinerja seorang manajer mempengaruhi kepuasan pelanggan dan perusahaan. Implementasi dari TQM harus diikuti dengan meningkatkan kinerja manajerial. PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado telah menerapkan TQM sesuai dengan standar yang berlaku pada TQM. Dalam perusahaan semua manajemen diarahkan pada satu tujuan yaitu terciptanya kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah TQM berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado. Metode yang digunakanadalah asosiatif untuk melihat pengaruh antara variabel dengan teknik analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa TQM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasil analisis korelasi menunjukkan TQM memiliki hubungan yang positif dan kuat dengan kinerja manajerial, dengan demikian penting bagi manajemen perusahaan untuk memperhatikan konsistensi penerapan TQM dalam operasionalisasi usaha. Kata kunci: total quality management , kinerja manajerial
A USER LOYALTY ANALYSIS OF MOBILE INSTANT MESSAGING (MIM) APPLICATIONS IN MANADO
Soselisa, Rico Maurits Corneles;
Mekel, Peggy Adeline;
Pandowo, Merinda
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (315.138 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4480
The growth of Mobile Instant Messaging (MIM) applications in Indonesia has become a prevalent phenomenon as it gradually has replaced the existence of traditional messaging tools such as SMS. With the emergence of these mobile instant messaging applications, consumers are inundated with choices as to which application should they install on their phones. Therefore, User loyalty is crucial to the survival of MIM application providers. Population of this research is users of MIM applications and/or people who are aware of the development of MIM applications in Manado, under the age of 30. This research employs exploratory method on qualitative research and interview as the tool to collect all data and information with informant as many as 6 informants. The internal factors i.e.: speed of loading, public image, loyalty program, intriguing features, user-friendly, price-friendly, post-installation care, and qualified product. The external factors i.e.: existence of a community, mobile internet network quality, ubiquitous connectedness, age group, and peer influence. This research suggests MIM providers to improve user loyalty by putting the same amount of effort into the advancement of both internal and external factors, as the MIM industry is highly dependent on the external factors as the findings suggested. Â Keywords: user loyalty, MIM application
ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PDAM KABUPATEN HALMAHERA TENGAH
Fabanyo, Djulaiha;
Saerang, David Paul Elia;
Sabijono, Harijanto
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (310.994 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4465
Perencanaan laba melalui analisa break even point (BEP) sangat penting bagi manajemen perusahaan terutama untuk memperkirakan laba melalui pendekatan biaya-biaya dan sumber daya bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan laba perusahaan melalui analisa BEP pada PDAM kabupaten Halmahera tengah. Data yang digunakan berasal dari hasil studi pustaka, observasi, wawancara dan volume operasional penjualan dan biaya-biaya operasional pada tahun 2011 dan 2012. Hasil penelitian menunjukan perusahaan dalam perencanaan labanya menggunakan analisis BEP sebagai alat perencanaan laba, maka perusahaan dapat lebih baik dalam melakukan penjualannya. Sebaiknya perusahaan menggunakan perencanaan yang matang dalam penjualan sehingga dapat diketahui kapan perusahaan merugi atau mendapatkan untung. Perencanaan laba perusahaan tahun 2013 sebesar Rp.25.000.000 untuk memperoleh laba tersebut maka perusahaan harus menjual produksinya sebesar Rp.1.037.912.254. BEP tahun 2012 lebih tinggi dari tahun 2011, hal ini disebabkan adanya penekanan biaya operasional. Margin of safety pada tahun 2011 lebih tinggi dari tahun 2012 sebesar 22%. Semakin tinggi margin of safety suatu perusahaan dikatakan semakin baik, karena rentang penurunan penjualan yang dapat ditolerir adalah besar sehingga kemungkinan menderita kerugian rendah. Namun sebaliknya jika margin of safety rendah, maka perusahaan kemungkinan akan menderita kerugian yang besar. Kata kunci: break even point, perencanaan laba, margin of safety
MEREK DAN FASHION INVOLVEMENT PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN
Tawarik, Alfredo R.Y.;
Mandey, Silvya L.;
Tawas, Hendra N.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 966 - 1089
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (432.648 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4466
Bisnis saat ini di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat hal ini dikarenakan pertumbuhan jumlah konsumen khususnya konsumen kelas menengah di Indonesia yang sangat tinggi, dimana kelas menengah merupakan orang-orang yang melakukan pengeluaran minimal $10 per hari atau Rp.100.000 per hari. Pengeluaran ini untuk beragam hal namun terutama dikeluarkan untuk pembelanjaan produk-produk konsumsi seperti makanan, pakaian, dan sebagainya. Produk bermerek sering dicari oleh masyarakat kelas menengah. Merek internasional maupun merek nasional dicari oleh konsumen kelas menengah yang memiliki daya beli yang baik dengan tujuan mencari produk dan jasa yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh merek, dan fashion involvement terhadap perilaku impulse buying. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang merupakan metode penelitian yang berlandaskan filsafat positivism. Populasi penelitian sebanyak 294 orang mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat Manado dan sampel 75 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa merek dan fashion involvement berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap perilaku impulse buying. Pusat perbelanjaan khususnya mall-mall di Kota Manado perlu memperbanyak tenant dalam kategori produk fashion yang bermerek dengan harga terjangkau untuk menarik perhatian konsumen agar mereka dapat berbelanja secara impulsive. Kata kunci: merek, fashion involvement, impulse buying.