cover
Contact Name
irfai fathurohman
Contact Email
irfai.fathurohman@umk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
kredo@umk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra
ISSN : 25983202     EISSN : 2599316X     DOI : -
Jurnal ilmiah "Kredo" merupakan jurnal ilmiah bahasa dan sastra, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada tiap bulan Oktober dan April.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PENULISAN KREATIF BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BAGI MAHASISWA PRODI PBSI, FKIP, UNISSULA Arsanti, Meilan
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.349 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.2107

Abstract

Ketersediaan bahana ajar dalam pembelajaran mutlak diperlukan. Hal tersebut karena dalam bahan ajar terdapat informasi terkait mata kuliah yang dilaksanakan seperti halnya pada mata kuliah Penulisan Kreatif pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Unissula. Belum adanya bahan ajar khusus untuk mata kuliah tersebut melatarbelakangi penelitian R&D ini untuk mengembangkan bahan ajar Penulisan Kreatif yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius. Dari hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar  berupa buku teks yang sesuai dengan standar kelayakan buku teks yang meliputi (1) kelayakan isi materi, (2) kelayakan penyajian, (3) kelayakan kebahasaan, dan (4) kelayakan kegrafikaan. Adapun karakteristik bahan ajar tersebut yaitu (1) self instructional, (2) self contained, (3) stand alone, (4) adaptive, dan (5) user friendly. Prototipe pengembangan bahan ajar Penulisan Kreatif berjudul Eksis dan Religius dengan Menulis Kreatif  yang berisi tentang nilai religius dalam sebuah tulisan dan panduan atau langkah-langkah penulisan puisi, cerpen, naskah drama, teks biografi, anekdot, dan cerita seperti fabel, mite, legenda, dongeng, dll. Harapannya dengan adanya bahan ajar berupa buku teks tersebut memudahkan mahasiswa dalam mempelajari tentang Penulisan Kreatif dan dapat menggali keterampilan menulis mereka. 
PELANGGARAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM SASTRA LISAN MADIHIN Faridah, Siti
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.586 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.2214

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelanggaran prinsip kesantunan dalam sastra lisan madihin. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Data penelitian berupa penggalan wacana humor sastra lisan madihin. Sumber data penelitian ini adalah sastra lisan madihin. Pengumpulan data penelitian ini digunakan metode rekam, simak dan catat. Analisis data dilakukan menggunakan metode normatif.Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Teknik pemaparan hasil penelitian digunakan metode informal. Hasil penelitian ini adalah dalam tuturan sastra lisan madihin mengandung pelangaran prinsip kesantunan terdiri dari bidal ketimbangrasaan, bidal kemurahhatian, bidal kedermawanan, bidal pujian, bidal kerendahhatian, bidal kesetujuan dan bidal kesimpatian. Simpulan penelitian ini adalah bahwa dalam tuturan sastra lisan madihin terdapat pelanggaran bidal-bidal prinsip kesantunan.kata kunci: pelanggaran prinsip kesantunan, sastra lisan, madihin.
PEMERTAHANAN BAHASA DAERAH MELALUI PEMBELAJARAN DAN KEGIATAN DI SEKOLAH Widianto, Eko
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.486 KB)

Abstract

Language maintenance and shift are like two sides of a coin. Language maintenance arises from a language shift in a language society. Therefore, both are present simultaneously. Language shifts usually occur in regional languages such as Java, Sundanese, Bugis, etc. Language maintenance can be done through education. Education becomes an important element in preparing future generations. This paper describes a form of local language maintenance through education, which is a form of local language maintenance through learning, community or extracurricular, and as a mandatory communication tool on a certain day. In addition, it is also described as a function of local language maintenance through education.
WUJUD PILIHAN BAHASA DALAM RANAH KELUARGA PADA MASYARAKAT PERUMAHAN DI KOTA PURBALINGGA wardhani, pramika
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.561 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.2147

Abstract

Keberagaman bahasa yang digunakan masyarakat tutur di Kota Purbalingga mempresentasikan adanya masyarakat dwibahasa maupun multibahasa. Kondisi tersebut memunculkan adanya pilihan bahasa yang digunakan oleh masyarakat Kota Purbalingga khususnya yang tinggal di perumahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud pilihan bahasa yang digunakan dalam ranah keluarga. Data dikumpulkan dengan metode simak dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan teknik hubung banding (HBB). Berdasarkan tuturan masyarakat yang tinggal di Perumahan Kota Purbalingga, diperoleh hasil penelitian wujud pilihan bahasa berupa (1) tunggal bahasa, yang meliputi bahasa Indonesia ragam nonformal dan bahasa Jawa ragam ngoko; (2) alih kode; serta (3) campur kode.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK STRIP DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS V SD 1 TRITIS Wibowo, Sony Ari; Roysa, S.Pd., M.Pd., Mila
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.879 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.2215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dan keterampilan menulis dialog sederhana siswa kelas V SD 1 Tritis menggunakan model think talk write berbantuan media komik strip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1Tritis Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik strip dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis dialog sederhana siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni: (1) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis dialog sederhana pada siklus I total skor rata-rata 17 dengan persentase 69% kriteria “baik” sedangkan pada siklus II total skor rata-rata 20 dengan persentase 81% kriteria “sangat baik”. (2) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi menulis dialog sederhana pada siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal 67 dengan persentase 71% dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal 84 dengan persentase 89%”. Dengan demikian, penerapan model think talk write berbantuan media komik strip dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis dialog sederhana siswa kelas V SD 1 Tritis Nalumsari Jepara 2017/2018.kata kunci: keterampilan menulis, dialog sederhana, model think talk write, media komik strip.
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA RADIO PADA PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA TUNAS HARAPAN BALARAJA-TANGERANG haryanti, ade siti
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.754 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.2108

Abstract

penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana peneliti melakukan experimen terhadap dua media pembelajaran yang bertujuan membandingkan kedua media pembelajaran tersebut mana yang paling efektif di pergunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi.penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja-Tangerang, yang pupolasi dan sempelnya telah diperhitungkan oleh peneliti, sehingga peneliti berusaha melakukan experimen tersebut tanpa memanipulasi data yang ada.
PANDANGAN HIDUP WANITA JAWA DALAM NOVEL BEKISAR MERAH KARYA AHMAD TOHARI Setiawan, Arif
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.58 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.2113

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan pandangan hidup wanita Jawa dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dalam penelitian ini sumber data berupa novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. Adapun data dalam penelitian ini berupa satuan cerita dari kutipan yang menggambarkan pandangan hidup wanita Jawa dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan hidup wanita Jawa terbagi ke dalam tiga bentuk, (1) pandangan hidup wanita Jawa terhadap hubungan manusia dengan Tuhan, (2) pandangan hidup wanita Jawa terhadap hubungan manusia dengan sesama manusia, dan (3) pandangan hidup wanita Jawa terhadap hubungan manusia dengan diri sendiri.
STRATEGI BERPIKIR INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA LINTAS KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR Huda, Miftakhul
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.101 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.1995

Abstract

Pengetahuan dan bahasa memiliki relevansi yang sangat kuat. Bahasa merupakan pintu masuk pengetahuan. Dengan demikian, penguasaan kompetensi berbahasa menjadi mutlak diperlukan dalam pengembangan pengetahuan. Bahasa juga merupakan cerminan pola pikir seseorang. Kemampuan berpikir kritis anak akan terlihat dari penggunaan bahasa. Penggunaan bahasa juga mencerminkan kekayaan skemata seseorang, semakin jaringan skemata seseorang kompleks, semakin baik penggunaan bahasa dalam menjelaskan suatu permasalahan. Strategi berpikir integratif adalah strategi yang mengkondisikan siswa pada suatu keadaan yang memungkinkan untuk mengembangkan konstruksi pengetahuan secara sistematis, sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, dalam strategi berpikir integratif menawarkan pengembangan penalaran siswa. Strategi berpikir integratif sangat relevan digunakan dalam pembelajaran lintas kurikulum karena strategi ini mengeksplore dan mengintegrasikan pengetahuan.
PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA 1 JEKULO KUDUS raharjo, bambang winanto; LESTARININGSIH, ENNY DWI
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.657 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.1949

Abstract

The research problem is how the significance level of the influence of computer-based teaching materials on students’learning outcomes in Indonesian subjects in SMA 1 Jekulo. This study used an experimental research with two variables, namely independent variables (computer-based teaching materials) and dependent variable (student learning outcomes). The research design used Control Group Pre-Test-Post-Test. To know the level of significance of the influence of computer-based teaching materials on the students’ learning achievement used t-Test: Paired Two Sample for Means. The result of pretest hypothesis test on homogeneity test obtained Fhitung = 1.10 and Ftable = 1.72 so Fcount <Ftable. This means that the initial value is homogeneously distributed. Thus, based on the initial scores of students' abilities the experimental and control groups are almost equal. In the pretest significance shown that the experimental group and the control group was not significant with tcount = 1.839 and ttable = 2.028 so that tcal < = 0.01. This means thitung was a = 0.05, and ttable = 2.39 for a ttabel.After held post-test as the end of activity obtained the correlation number was 0.618. If consulted with the table, then the number showed a high relationship. The result of t test was calculated = 12.652, whereas ttable = 2.028 for >  = 0.01. Thus, it can be concluded that the use of computer-based teaching materials has a significant effect on students’ learning outcomes.a = 0,05 or a ttabel either real level.Keywords: teaching materials, computers, learning outcomes
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KESALAHAN DIKSI DALAM KALIMAT BAHASA INDONESIA MAHASISWA BIPA LEVEL AKADEMIK Yahya, Mokh.; -, Andayani; Saddhono, Kundharu
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): JURNAL KREDO VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.002 KB) | DOI: 10.24176/kredo.v1i2.2121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan penguasaan kosakata dengan kesalahan diksi dalam kalimat bahasa Indonesia mahasiswa BIPA level akademik. Penelitian ini dilakukan di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia dengan subjek mahasiswa yang sedang mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Program Darmasiswa 2016-2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus. Penelitian difokuskan pada tipe-tipe kesalahan diksi dan hubungannya dengan penguasaan kosakata yang dimiliki oleh mahasiswa BIPA. Penelitian menunjukkan bahwa tipe-tipe kesalahan diksi dalam kalimat BIPA di antaranya yaitu 1) pemilihan diksi yang kurang atau tidak tepat, (2) kesalahan penggunaan verba aktif dan pasif, (3) penggunaan istilah asing, (4) penggunaan kata ganti yang kurang atau tidak tepat, (5) penggunaan konjungsi yang tidak tepat, (6) kelebihan kata atau pengulangan kata, (7) penggunaan kata tidak baku, (8) ketidakparalelan, (9) penggunaan preposisi yang tidak tepat, dan (10) susunan frasa yang terbalik. Penguasaan kosakata yang rendah berhubungan dengan banyaknya kesalahan diksi yang dilakukan oleh mahasiswa BIPA. Makin banyak kosakata yang dikuasai oleh mahasiswa, makin baik pula kemampuannya dalam memilih diksi untuk dituliskan menjadi kalimat.

Page 1 of 2 | Total Record : 11