cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Manajemen & Keuangan
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2252844X     EISSN : 26151316     DOI : -
Jurnal Manajemen & Keuangan merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang manajemen dan keuangan, diterbitkan sejak tahun 2012 dan terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN" : 11 Documents clear
Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dan Free Cash Flow Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Freeport Indonesia, Tbk Yesa Cahayaning Ramadhani
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2299

Abstract

The purpose of this study is to test and analyze the Effect of Capital Structure, Liquidity, Profitability And Value Of Companies And Free Cash Flow As Moderating Variables. The population in this study is a Freeport company registered with FCX. The technique of determining the sample is done by using purposive sampling technique, based on certain criteria that is to publish the financial statement as per December 31 which is complete in succession especially in 2004 - 2016 Company which always distributes its dividend in succession during 2004 - 2016. The data source used is secondary data obtained from Annual Report in FCX Global America (Online). Hypothesis testing of research using multiple linear regression analysis technique and MRA Residual. The results showed that: 1). Capital Structure has no significant effect on Corporate Value, 2). Liquidity significantly affects Corporate Value, 3). Profitability has no significant effect on Corporate Value, 4). Free Cash Flow is not able to significantly moderate the Influence of Capital Structure, Liquidity and Profitability to Corporate Value
E-Promosi untuk Komunikasi pelanggan di Sektor Minuman: Studi Kopi Kenangan Eva Rachmawati; Ratih Hurriyati; Puspo Dewi Dirgantari
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2360

Abstract

Penelitian untuk mengetahui pengaruh e-promotion pada media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Kenangan. Variabel yang diteliti yaitu: Personal relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3), dengan variable keputusan pembelian pada konsumen Kopi Kenangan menggunakan model attention, intersert, disire, action. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 165 responden. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode non probality sampling. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling, yaitu cara untuk mendapatkan sampel berdasarkan siapa saja konsumen yang kebetulan bertemu pada saat melakukan penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.Variabel Personal Relevance (X1) memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada kopi kenangan. Variabel Interactive (X2) tidak memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Sedangkan Variabel Message (X3) memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Variable yang memberikan pengaruh besar terhadap Keputusan Pembalian (Y) adalah variable Personal Relevance. Kata Kunci: e-promotion, personal relevance, interactivity, message, analisis regresi berganda.
Celebrity Endorsement, Price dan Customer Behavior terhadap Social Climber pada Generasi Melenial di Kota Denpasar Desak Made Febri Purnama Sari; Helmy Safitri
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement, price, dan customer behavior terhadap social climber pada generasi milenial di Kota Denpasar. Populasi penelitian ini generasi milenial (1982-2000) yang berusia 19 tahun sampai 37 tahun di daerah Denpasar yang berjumlah 366.700 jiwa, penelitian menyebarkan kuesioner kepada 100 orang. Kuesioner sebagai alat ukur dengan skala likert. Penelitian menggunakan teknik kuantitatif. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS version 20.0. Dinyatakan bahwa celebrity endorsement, price, dan customer behavior merek berpengaruh positiif dan signifiikan secara parsial dan simultan terhadap social climber pada generasi milenial. Hasil pengujuan 54,7% yang berarti bahwa variasi variable social climber mejelaskan bahwa ketiga varian variable independent celebrity endorsement, price dan customer behavior. Sedangkan sisanya (100%-54,7% = 45.3%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model yaitu gaya hidup,lingkungan dan status sosial.
Tingkat Kesadaran Kepatuhan Pajak: Studi terhadap Badan Usaha Milik Desa Pasca Dwi Putra; Andri Zainal; Charles Fransiscus Ambarita; Endang Pratiwi
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2508

Abstract

Kepatuhan pajak merupakan tujuan dari pemerintah agar tercapai target pajak yang diharapkan. Dalam mencapai kepatuhan tersebut, pemerintah memberikan tarif pajak yang rendah untuk menstimulasi UMKM untuk patuh membayar hutang pajak. Pada sisi lain, pajak merupakan beban bagi UMKM dikarenakan merupakan pengeluaran kepada pemerintah yang dipotong dari pendapatan bersih sehingga wajib pajak mencari cara agar pajak yang dibayarkan rendah. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan karakteristik responden baik jenis kelamin, tingkat Pendidikan, dan jenis usaha tidak menunjukkan perbedaan dalam menentukan kepatuhan wajib pajak. Disamping itu, pengetahuan mengenai regulasi perpajakan dan kesadaran dalam membayar pajak sangatlah penting dalam mencapai kepatuhan pajak dimana hasilnya menunjukkan pengaruh yang signifikan. Pada akhirnya, transparansi dan akuntabilitas penggunaan pajak merupakan informasi yang dibutuhkan dalam mencapai kepatuhan bagi BUMDes dalam meningkatkan kepatuhan membayar pajak.
Faktor Penentu Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia Yusrizal Yusrizal; Suharti Suharti
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2548

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan kemakmuran perusahaan antara lain dengan meningkatkan nilai perusahaan (firm value). Dimana nilai perusahaan (firm value) akan tergambar dari harga saham perusahaan. Pada umumnya, tingginya nilai perusahaan (firm value) dapat memancing ketertarikan investor untuk melakukan keputusan berinvestasi perusahaan yang dipilih. Hal tersebut dikarenakan perusahaan tersebut dianggap memiliki prospek yang bagus dan menjanjikan untuk jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, Dewan komisaris independen, komite audit dan leverage terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2018 berjumlah 41 perusahaan. Teknik pengambilan sampel perusahaan yang digunkan yaitu metode purpose sampling, dimana berdasarkan teknik tersebut maka dapat diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan Path analysis dengan bantuan software Smart PLS. Hasil penelitian ditemukan bahwa variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit dan DER tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas (ROA) perusahaan pertambangan yang terdaftar dibursa efek indonesia selama 2013 sampai dengan 2018. kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar dibursa efek indonesia selama 2013 sampai dengan 2018. Sedangkan dewan komisaris independen, komite audit, DER dan ROA tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar dibursa efek indonesia selama 2013 sampai dengan 2018.
Determinan Struktur Modal dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan Manufaktur di Indonesia Stefani Chandra; Martha Ng; evelyn wijaya
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2550

Abstract

Setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya mempunyai tujuan yaitu untuk menghasilkan profit yang optimal. Profit mampu memberikan gambaran kinerja perusahaan dalam suatu periode serta menjadi daya tarik bagi investor dalam melakukan kegiatan jual beli saham. Perusahaan manufaktur merupakan salah satu perusahaan yang memberikan peranan penting bagi perekonomian nasional. Hal ini dapat terlihat dari laba perusahaan yang menunjukkan trend meningkat dibandingkan sektor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, uniqueness dan tangibilitas terhadap struktur modal dan profitabilitas pada perusahaan manufaktur. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2018 sebanyak 145 perusahaan. Sampel dalam penelitian sebanyak 96 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data penelitian menggunakan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menyatakan bahwa ukuran perusahaan dan tangibilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, uniqueness berpengaruh signifikan positif terhadap struktur modal, dan struktur modal berpengaruh signifikan negatif terhadap profitabilitas. Hasil penelitian mendukung pecking order theory yang menyatakan bahwa semakin rendah nilai hutang perusahaan maka akan meningkatkan profitabilitas perusahaan.
Earnings dan Liquidity sebagai Prediktor Kepailitan Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia Hesti budiwati Soekirno
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2572

Abstract

Salah satu ukuran untuk dapat bertahan hidup dan menjaga keberlanjutan suatu bank adalah kemampuan meraih keuntungan, Ketidakmampuan mendapatkan keuntungan dapat menjadi ancaman kepailitan bagi bank. Penelitian ini bertujuan membentuk model prediksi kepailitan Bank Perkreditan Rakyat pada variasi waktu 1 triwulan (MP1), 2 triwulan (MP2), 4 triwulan (MP4) dan 8 triwulan (MP8) sebelum pailit. Variabel prediktor adalah earnings dan liquidity yaitu ROA, ROE, BOPO, NIM dan LDR, dan variabel terikat adalah pailit dan tidak pailit. Metode analisis menggunakan regresi logistik dilanjutkan pengujian akurasi model. Populasi penelitian Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia. Sampel sebanyak 229 Bank Perkreditan Rakyat terdiri dari 29 Bank Perkreditan Rakyat pailit dan 200 Bank Perkreditan Rakyat tidak pailit menggunakan laporan publikasi keuangan periode 2006 sampai 2017. Hasil penelitian menunjukkan dari keempat model prediksi, MP4 paling layak dan akurat sebagai model prediksi kepailitan Bank Perkreditan Rakyat yang dibentuk dari rasio ROA dan LDR. Pada tataran permodelan dengan cut off point 0,20 , MP4 memiliki akurasi 89,2% dan tataran validasi dengan cut off point 0,09 MP41 memiliki akurasi 91,74% serta secara individu maupun serentak berpengaruh signifikan terhadap kepailitan. Berdasarkan keunggulan itu maka MP4 dipilih sebagai model yang mampu memprediksi peluang kepailitan Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia.
Evaluasi Rasio Keuangan Pada Kategori BUKU 3 Ellen Theresia Sihotang; Ismayantika Dyah Puspasari; Anisa Utika Kurnia
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2615

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui elemen rasio keuangan yang mempengaruhi ROE pada Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III. Rasio keuangan yang digunakan adalah rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Loan to Asset Ratio (LAR), Non Performance Loan (NPL), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Fee Based Income Ratio (FBIR). Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Tiga bank yang memenuhi kriteria sampel adalah PT Bank Bukopin, Tbk; PT Bank Mayapada Tbk, dan PT Bank Mega, Tbk. Periode penelitian adalah 2015-2019. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa CAR, LDR, NPL, BOPO dan FBIR secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROE. CAR, LDR, NPL, dan BOPO memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap ROE, sedangkan FBIR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROE. CAR merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap ROE dengan kontribusi sebesar 51,4%. Pemenuhan terhadap kecukupan modal bank mengindikasikan bahwa bank mampu menyerap sejumlah kerugian operasional secara efisien. Peningkatan CAR dapat menyebabkan penurunan laba dan ROE karena pengeluaran terhadap aset tertimbang menurut risiko lebih besar dibandingkan ketersediaan modal, sehingga perolehan laba dan ROE menurun. Penurunan nilai ROE berpengaruh juga pada menurunnya tingkat pengembalian bagi sejumlah investor.
Hubungan Antara Job Insecurity Terhadap Stres Karyawan Pelaku Pariwisata Perhotelan Akibat Dampak Pandemi Covid-19 (Studi Pada Karyawan Golden Palace Hotel Lombok) Isra Dewi Kuntary Ibrahim; Raden Bagus Faizal Irany Sidharta; Mohammad Najib Rodhi
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2627

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh secara signifikan Antara Job Insecurity Terhadap Stres Karyawan Pelaku Pariwisata Perhotelan Akibat Dampak Pandemi Covid-19 (Studi Pada Karyawan Golden Palace Hotel Lombok). Pengumpulan data menggunakan metode penentuan sampel adalah Non Probability Sampling yaitu sampling aksidental dengan total kuesioner yang terkumpul 85 orang. Metode penentuan sampel adalah Non Probability Sampling yaitu Sampling aksidental. Analisis dan pengujian hipotesis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan instrument penelitian menggunakan kuesioner melalui google form secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan job insecurity terhadap stres karyawan pelaku pariwisata perhotelan akibat dampak pandemi Covid-19. Pihak manajemen Golden Palace Hotel Lombok diharapkan dapat memperhatikan hasil dari penelitian ini khususnya berkaitan dengan job insecurity dengan tingkat sedang menurut penilaian responden pada masa pandemi ini, agar karyawan dapat tetap merasa aman dan tidak khawatir atas keberlanjutan karirnya. Diharapkan pula bagi pihak manajemen untuk mengelola stress karyawan agar selalu memberikan kinerja terbaiknya untuk perusahaan.
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan : Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan Baiq Fitri Arianti; Khoirunnisa Azzahra
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v9i2.2635

Abstract

Penelitian ini bertujuan dapat memberikan kontribusi bagi bidang manajemen keuangan terutama terkait keberlanjutan usaha dalam hal pengelolaan keuangan usaha melalui peningkatan literasi keuangan yang dapat dilihat dari pendapatan, investasi, perilaku keuangan, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja. Jumlah sampel sebanyak 100 pelaku UMKM dengan metode simple random sampling. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang di gunakan yaitu regresi berganda dengan SPSS. Ditemukan hasil penelitian bahwa pendapatan, investasi, perilaku keuangan, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan. Dan secara simultan pendapatan, investasi, perilaku keuangan, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat literasi keuangan. Implikasi dalam penelitian ini adalah dapat memberikan informasi tentang pengelolaan keuangan yang baik sehingga akan membantu masyarakat terutama pelaku UMKM dalam perencanaan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang serta memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.

Page 1 of 2 | Total Record : 11