cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
Mohammad Fauziddin
Phone
+6282285580676
Journal Mail Official
jurnalobsesi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai Nomor 23 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23561327     EISSN : 25498959     DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi
Core Subject : Education,
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Articles 110 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023)" : 110 Documents clear
Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini Yaswinda Yaswinda; Dona Mailinda Eka Putri; Irsakinah Irsakinah
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.2842

Abstract

Keterampilan dalam proses sains dapat mengembangkan aspek kognif anak. Keterampilan proses sains di PAUD bertujuan untuk pengembangangan pembelajaran sains dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk meningkatkan kecakapan kognitif melalui pembelajaran sains berbasis pemanfaatan lingkungan bagi anak usia dini. Pendekatan penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Aksi penelitian yakni peneliti membuat perencanaan, lalu perencaanan yang telah dibuat  dilaksanakan oleh guru serta didampingi oleh peneliti, pelaksanaan tersebut diobservasi, selanjutnya dilakukan refleksi terhadap hasil observasi. Subjek berjumlah 15 anak di kelas B TK Melati Kecamatan Tenayan Raya. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa pembelajaran sains berbasi pemanfaatan lingkungan meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu pada tingkat pencapaian pada pra siklus yaitu 33,5% di kategorikan Belum Berkembang, rata-rata siklus I yaitu 53% di kategorikan Mulai Berkembang  dan rata-rata siklus II kembali meningkat menjadi 80,83 % sudah berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik
Pendekatan Konstruktivistik Guru Seni dalam Mengajar untuk Menangani Peserta Didik Disleksia Aldia Wulandari; Kusnadi Kusnadi
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.2677

Abstract

Disleksia banyak dialami oleh peserta didik pada tingkat sekolah dasar. Guru seni dapat mengambil peran untuk menangani permasalahan ini dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah penanganan disleksia yang dilakukan oleh sekolah dan mendeskripsikan peran guru seni dalam membantu mengatasi disleksia. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Subjeknya adalah seorang peserta didik disleksia kelas tiga SD dengan klasifikasi Mild specific learning disorder specify with impairment in reading and in written expression. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) langkah yang dilakukan pihak sekolah dalam menangani disleksia membutuhkan kerjasama yang kuat antara wali kelas, semua guru, kepala sekolah, orang tua, psikolog, dokter anak, serta guru seni; (2) peran guru seni dalam permasalahan ini adalah sebagai fasilitator peserta didik disleksia dengan melakukan pendekatan konstruktivistik yang diimplikasikan lewat belajar baca tulis melalui (1) drama; (2) bergerak; (3) bernyanyi; (4) menggambar; dan (5) menggunakan gadget.
Studi Kelayakan Pengembangan Layanan Media Pembelajaran Berbasis TIK Terintegrasi untuk PAUD Mohamad Miftah
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.2527

Abstract

Pemilihan media yang tepat dan sesuai sasaran pengguna menjadi dasar dan pertimbangan bagi para guru. Untuk itu, guru hendaknya dapat memahami prinsip dan jenis media bagi anak. Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui aspek penilaian media pembelajaran pembelajaran berbasis TIK terintegrasi dan menganalisis hasil uji kelayakan produk menjadi perhatian tersendiri bagi para guru dan pengembang. Penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian dan pengembangan pendidikan. Hasil penelitian berupa model media pembelajaran berbasis TIK terintegrasi berupa aplikasi portal Jateng Belajar dan modul pemanfaatannya dinyatakan sangat layak. Kebaruan model ini diantaranya; kelengkapan layanan, terintegrasi, komprehensif, kompatibel baik diakses melalui komputer maupun smartphone, konten yang variatif, dan memuat Learning Management System (LMS) yang mudah dimanfaatkan
Desain Dongeng Imajinatif dalam Pembelajaran Oral Reading Fluency di Kelas Rendah Sekolah Dasar Chandra Chandra; Annisa Kharisma; Nessya Fitryona
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.2568

Abstract

Dongeng imajinatif sangat jarang dibaca oleh anak-anak di pedesaan Indonesia, terutama dongeng imajinatif yang disajikan dengan ilustrasi yang menarik. Menghasilkan buku dongeng imajinatif dengan ilustrasi menarik dan perkembangan sikap positif anak dalam cerita merupakan tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian yang dilakukan, yaitu education design research. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap prototype, dan tahap penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng imajinatif diciptakan dengan perkembangan sikap positif dan berpikir kritis dengan desain ilustrasi yang menarik dan menghadirkan kemajuan teknologi yang bermanfaat bagi program gerakan literasi sekolah. Hasil pengujian dalam pembelajaran Oral Reading Fluency menunjukkan bahwa dongeng imajinatif berpengaruh positif terhadap perkembangan sikap positif anak, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berhasil dalam literasi dasar, dan mendukung gerakan literasi sekolah di Indonesia. Dongeng imajinatif sangat cocok untuk siswa generasi alpha
Analisis Picture Storybook dalam Meningkatkan Kemampuan Theory of Mind Anak Usia Dini Elsy Gusmayanti; Yulia Ayriza
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.2726

Abstract

Kemampuan bersosialisasi dengan orang lain berhubungan dengan kemampuan memahami situasi dan keadaan orang lain, dalam ilmu psikologi perkembangan disebut dengan istilah theory of mind.  Theory of mind merupakan salah satu keterampilan yang berkembang dalam kemampuan sosial-kognitif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan theory of mind anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan menelaah  jurnal terkait buku cerita bergambar dan peningkatan kemampuan theory of mind anak usia dini. Berdasarkan hasil kajian literatur yang telah peneliti kaji, peneliti menemukan bahwa buku cerita bergambar masih konsisten dalam membantu meningkatkan kemampuan theory of mind pada anak usia dini. Ditemukan juga konsep buku cerita bergambar yang sesuai seperti penggunaan bahasa yang jelas, sesuai untuk berbagai karakter anak, sesuai dengan latar belakang sosial dan budaya, berisikan macam-macam emosi pada karakter cerita, dan memiliki narasi cerita yang melibatkan kejutan, rahasia, trik, dan kesalahan, sehingga mengundang anak-anak untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda
Validation of Digital Learning Media to Improve the Basic Literacy Skills of Low-Grade Elementary School Students Meila Yufriana Devi; Rusdinal Rusdinal
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3713

Abstract

This research was motivated by the low literacy ability of students caused by less interesting learning media. This study aims to create and know the validation of digital learning media to improve students' basic literacy skills in integrated thematic learning in low-grade elementary schools. research starts from the Preliminary Research stage, Prototyping Stage, Assessment Stage. The instruments used in this study were interviews and validation sheets for research samples were students, data collection techniques were carried out using questionnaires and interviews. Based on the problems found in elementary schools, learning media is designed using digital learning media. The following results were obtained after being validated by five validators: content feasibility, presentation feasibility, linguistic feasibility, and graphic feasibility each fall into the excellent category. If the validity value is averaged, then the digital learning media developed is in the range of very valid categories.
Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD Upik Elok Endang Rasmani; Siti Wahyuningsih; Novita Eka Nurjanah; Jumiatmoko Jumiatmoko; Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti; Putri Agustina
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3480

Abstract

Melalui multimedia pembelajaran interaktif proses pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini menjadi lebih bermakna, menyenangkan dan menarik sehingga anak menjadi lebih luas dalam memahami, merasakan seperti kenyataan aslinya, menumbuhkan perhatian atau antusiasme terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dikelas.  Fakta di lapangan didapatkan kelemahan dalam menerapkan multimedia pembelajaran interaktif hal tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam penguasaan teknologi dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media interaktif pada pembelajaran di PAUD. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan melalui pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Partisipan yang terlibat sebanyak 15 orang yang dipilih dengan Teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat diperlukan bagi pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan kompetensi guru dan suasana nyaman, menyenangkan dikelas
Fenomena Kekerasan Psikologis pada Anak Usia Dini dalam Keluarga Yessy Nur Endah Sary
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3736

Abstract

Kekerasan psikologis memberikan dampak buruk kepada anak usia dini. Banyak keluarga yang menutupi terjadinya kekerasan kepada anak usia dini di depan orang lain karena beranggapan hal tersebut adalah hak privasi. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi penyebab terjadinya kekerasan psikologis pada anak usia di dalam keluarga. Merupakan penelitian kualitatif. Responden dari penelitian ini ayah atau ibu yang memiliki anak usia dini (4-6 tahun) di Desa Kraksaan Wetan sebanyak 18 orang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrument berupa panduan wawancara terstruktur dengan isi tentang apa saja yang menyebabkan orang tua melakukan kekerasan psikologis pada anak serta lembar observasi untuk melihat dampak langsung dampak dari kekerasan psikologis yang dialami anak. Peneliti membawa tape recorder ketika melakukan wawancara dengan orang tua dan setiap orang tua memiliki waktu selama 30 menit maksimal untuk wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menginformasikan bahwa terjadinya kekerasan psikologis pada  anak usia dini disebabkan oleh berbagai macam faktor baik internal maupun eksternal. Faktor tersebut antara lain faktor pengetahuan orang tua, pengalaman orang tua sewaktu kecil, faktor keluarga dan kondisi ekonomi
Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini Lidia Oktamarina; Muhammad Fauzi; Izza fitri; Syanurdin Syanurdin
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3616

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang ditandai dengan belum adanya buku ajar yang dapat membantu menjelaskan konsep-konsep mata kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul atau buku ajar perencanaan pembelajaran PIAUD. Penelitian ini menggunakan metode RD model 4-D dari Thiagarajan dan Melvynl. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PIAUD UIN Raden Fatah Palembang, dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, angket yang divalidasi oleh ahli materi, desain, bahasa untuk menguji kualitas modul atau buku ajar dan dokumentasi. Berdasarkan penilaian ahli materi dengan kategori sangat valid, penilaian ahli desain dengan kategori sangat valid, dan penilaian ahli bahasa dengan kategori valid. Sedangkan penilaian uji coba lapangan dengan angket responden tingkat keefektifan uji coba skala kecil dengan kategori sangat efektif serta angket responden uji coba skala besar dengan kategori sangat efektif. Bahan ajar ini dinyatakan sangat efektif untuk digunakan mahasiswa dalam proses perkuliahan mata kuliah perencanaan pembelajaran PIAUD
Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan melaui Bermain Ular Tangga pada Anak Usia Dini Ida Royani; Dadan Suryana
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3705

Abstract

Konsep bilangan merupakan dasar dari keterampilan matematika. Sejak usia prasekolah, anak-anak dapat memahami konsep ini. Pencapaian keterampilan dasar ini akan mempengaruhi keterampilannya dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah melalui permaian ular tangga mampu meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilanggan anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian melibatkan anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini meningkat setelah dilaksanakan tindakan penelitian melalui permainan ular tangga. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru PAUD ketika mengenalkan konsep bilangan kepada siswa. Penelitian selanjutnya juga dapat memperhatikan kelemahan dalam artikel ini sebagai kajian berikutnya.

Page 1 of 11 | Total Record : 110