cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
Mohammad Fauziddin
Phone
+6282285580676
Journal Mail Official
jurnalobsesi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai Nomor 23 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23561327     EISSN : 25498959     DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi
Core Subject : Education,
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Articles 51 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2022)" : 51 Documents clear
Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun Nurdin, Nurdin; Jahada, Jahada; Anhusadar, Laode
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan mulai bulan April-September 2019 dengan informan guru dan peserta didik. Lokasi penelitian ini adalah SDN 1 Talaga dan SDN 2 Talaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik memuat pengetahuan dan keterampilan kepramukaan dengan perencanaan jangka panjang dan jangka pendek. Kemudian pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik terbagi atas pengetahuan dan ketereampilan atau tehnik kepramukaan. Selanjutnya evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik terbagi atas evaluasi bagi peserta didik dan evaluasi bagi pembinanya dalam hal ini guru-guru
Playing Mathematics in Early Childhood Based on Semiotics Suryaningrum, Christine Wulandari; Misyana, Misyana; Jatmikowati, Tri Endang
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1341

Abstract

Playing mathematics in early childhood based on semiotics gives children the opportunity to identify objects, look for signs and interpret signs so that they can solve problems in games. This study aims to describe semiotic based early childhood mathematics play activities. The research was conducted at the PAUD Lab School, Muhammadiyah University of Jember. The research subjects were 5 children from group B. The results showed that the activities of playing mathematics in early childhood based on semiotics were (1) collecting information related to semiotic-based math games, (2) looking for objects that matched the game and counting the number of objects found, (3) looking for relevant signs and signs. that are relevant to the number of objects found, (4) associated with signs of knowledge that have been previously possessed and look for all signs according to the objects found, (5) the child retells the play that has been done
Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini Putri, Suci Utami; Taqiudin, Abdurrohman Ahmad
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1270

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses STEAM-Project Based Learning (STEAM-PBL) serta mengidentifikasi perkembangan kemampuan pemecahan masalah selama kegiatan berlangsung.  Pada penelitian ini digunakan mixed method concurrent embedded design yang mengombinasikan data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan data kuantitatif terkait kemampuan pemecahan masalah anak yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Partisipan yang terlibat adalah 14 anak usia 5-6 tahun di salah satu TK di Kabupaten Purwakarta yang diamati selama satu bulan kegiatan penelitian berlangsung. Data aktivitas belajar dianalisis secara deskriptif sedangkan data perkembangan kemampuan memecahkan masalah dianalisis dengan menghitung jumlah dan persentase anak yang masuk ke dalam kriteria perkembangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pembelajaran STEAM-PBL di PAUD dilakukan melalui tahapan reflection, research, discovery, application dan communication. Sementara itu, kemampuan memecahkan masalah anak mengalami perkembangan yang semula pada umumnya berada pada kriteria “Belum berkembang” dan “Mulai Berkembang” meningkat menjadi “Berkembang Sesuai Harapan” dan “Berkembang Sangat Baik”’.
Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung Suri, Dharlinda
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1659

Abstract

Saat ini sangat sedikit  sekali anak-anak yang bisa menyanyikan lagu-lagu anak daerah Lampung.Anak-anak cenderung menyanyikan lagu-lagu yang sedang populer salah satunya lagu soundtrex film. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karkater pada anak usia dini melalui lagu anak-anak daerah lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai Pendidikan karakter pada lagu anak-anak daerah lampung yang berjudul cinta Tuhan segenap ciptaannya, Kutak mainan, sanak santun, dan sanak teghtib, seperti:  religius, disiplin, mandiri, tanggungjawab, sopan santun, hormat, jujur, dan bijaksana. Melalui lagu-lagu anak daerah anak mampu mengenal, mengetahui, dan mempunyai rasa cinta daerah serta tanah air
Persepsi Orang Tua Tentang Pendidikan Anak pada Suku Paser Mandasari, Jayanti; Fauziah, Puji Yanti
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1033

Abstract

Konstitusi negara menetapkan bahwa setiap orang berhak memperoleh pendidikan tertinggi. Namun, masih banyak ditemukan anak yang putus sekolah termasuk daerah Suku Paser di Kecamatan Batu Sopang. Masalah ini tentu perlu mendapat perhatian semua pihak. Karena jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan anak-anak di daerah Suku Paser ini selalu mengalami ketertinggalan. Oleh karena itu pola Pendidikan anak pada Suku Paser ini perlu dikaji secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman orang tua tentang Pendidikan anak, (2) pola yang diterapkan orang tua, dan (3) factor-faktor yang mempengaruhi pola Pendidikan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman orang tua Suku Paser di Kecamatan Batu Sopang termasuk kategori baik, mereka umumnya memahami bahwa Pendidikan itu sangat penting. Hal ini dapat diketahui dari jawaban seluruh informan
Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19 Nasrullah, Nasrullah; Bachtiar, Muh. Yusri
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pembelajaran yang dilakukan guru PAUD selama masa pandemi Covid-19, serta dampak pemanfaatan dan adaptasi aplikasi pembelajaran daring (APD) berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif-deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan berbasis platform google form dengan sampel sebanyak 369 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pembelajaran Daring (IPD) yang digunakan oleh guru PAUD cukup berkembang dengan baik. 30 variasi APD dan 4 variasi pembelajaran hybrid menjadi bentuk implementasinya. Praktik baik ini merupakan bentuk adaptasi teknologi dan informasi yang diharapkan berlanjut. Dampak penggunaan APD ini dalam hal pemanfaatan dan adaptasi APD meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ternyata lebih banyak guru yang memiliki pengalaman menggunakan APD, bahkan yang tidak berpengalaman mengganggap APD yang digunakan tidak menyulitkan. Penggunaan APD tidak dianggap mendukung tumbuh kembang kognitif, sikap, maupun psikomotorik, meskipun APD dianggap mendukung kemampuan kognitif, perkembangan sikap, dan perkembangan psikomotorik.
Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Wahyudin, Undang Ruslan
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi secara lebih jauh mengenai implementasi manajemen pendidikan berbasis masyarakat dalam penyelenggaraan penjaminan mutu pendidikan anak usia dini. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di RA Al-Hilal Cikarang sangat dipengaruhi oleh pelibatan masyarakat / partisipasi masyarakat yang dijadikan pendekatan melalui dua strategi utama yaitu budaya transparansi pengelolaan sumber daya pendidikan dan penerapan budaya akuntabilitas dalam penyelenggaraan pengelolaan pendidikan berbasis masyarakat pada penjaminan mutu Pendidikan Anak Usia Dini
Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini Gusmayanti, Elsy; Dimyati, Dimyati
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1062

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan mendongeng dalam meningkatkan perkembangan nilai moral anak usia dini. Diketahui bahwa daya imajinasi anak sedang berkembang, dan daya imajinasi inilah yang dimanfaatkan oleh pendidik maupun peneliti dalam meningkatkan nilai moral anak. Metode dalam penelitian ini pun menggunakan kajian literatur dengan menelaah 25 jurnal terkait kegiatan mendongeng dan peningkatan kemampuan moral anak usia dini. Berdasarkan hasil kajian literatur yang telah peneliti kaji, peneliti menemukan konsep dongeng yang sesuai seperti memiliki pesan dengan sifat cerita yang menyenangkan dan menghibur; mengandung nilai moral yang secara tidak langsung mampu mendidik anak; membuat anak fokus dan terlibat aktif; cerita harus memiliki sesuatu yang menarik rasa penasaran anak; bersifat santai; mengembangkan moral dan karakter anak; sesuai dengan umur dan perkembangan anak, dan memiliki literature yang kaya. Tidak monoton tentang satu tema saja. Adapun indikator yang menjadi tolak ukur dalam dongeng yang peneliti temukan anatara lain sabar, santun, jujur, mandiri, bertanggung jawab, percaya diri, peduli, dan sabar
Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Ashari, Debby Ashari
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1677

Abstract

Guru mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi awal anak berkebutuhan khusus yang ada di sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan penelitian dan pengembangan. Sampel penelitian ini adalah para guru yang mengajar di lembaga Taman Kanak-kanak yang bertugas di provinsi DKI Jakarta dengan jumlah guru 51 orang. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa panduan mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus. Kebaruan penelitian ini adalah dihasilkannya panduan yang mengelaborasi model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation dengan model Rowentree yang telah teruji. Dampak dihasilkannya panduan ini adalah adanya tahapan perencanaan, persiapan, serta tahapan penulisan dan penyuntingan yang dapat memudahkan para guru dalam mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah. Pengembangan produk panduan ini perlu terus dilakukan di lapangan dan dikembangkan agar lebih teruji lagi.
Analisis Pembelajaran Online Anak Usia Dini Masa Pandemi COVID -19 Kota dan Perdalaman Kartini, Kartini
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 2 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.880

Abstract

Pandemic COVID-19 telah memengaruhi aspek pendidikan dan proses pembelajaran online diterapkan pada institusi sekolah di seluruh Indonesia baik di kota maupun di perdalaman. Sistem pembelajaran online membutuhkan fasilitas gadget dan media internet. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan pembelajaran anak usia dini berbasis online pada masa pandemic COVID-19 di kota dan perdalaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi pustaka serta lapangan. Penelitian dilakukan di kota Melawi Kalimantan Barat. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, analisis jurnal dan buku terkait. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pembelajaran online yang dilaksanakan di kota cenderung lebih produktif karena kemudahan fasilitas yang dapat diakses dan dukungan penuh dari orang tua. Sedangkan dalam pembelajaran online, deerah perdalaman kurang aktif karena minimnya fasilitas yang memadai dan kurangnya dukungan dari orang tua